HUKUM & KRIMINAL

DPR Restui Listyo Sigit Jadi Kapolri, Diminta Benar-Benar Lindungi Masyarakat

Ketua Komisi III DPR RI Herman Hery (tengah) foto bersama sebelum uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (20/1/2021). (Foto: Oji/Man/DPR RI)

JAKARTA, Kate.id – Komisi III DPR RI secara mufakat menyetujui pengangkatan Komjen Polisi Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri. Sehingga Listyo akan menggantikan Jenderal Polisi Idham Azis sebagai Kapolri.

Demikian hal tersebut disampaikan Ketua Komisi III DPR RI Herman Hery saat memimpin jalannya uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Rabu (20/1/2021). Sebelumnya, sembilan Fraksi telah menyampaikan pandangannya.

“Berdasarkan pertimbangan, pandangan dan catatan-catatan yang disampaikan oleh Fraksi disampaikan oleh fraksi-fraksi, akhirnya Pimpinan dan Anggota Komisi III DPR RI secara mufakat menyetujui pemberhentian dengan hormat Jenderal Polisi Idham Azis dan menyetujui pengangkatan Komjen Polisi Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri yang selanjutnya ditetapkan dalam Rapat Paripurna DPR RI terdekat dan akan diproses sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” ucap Herman.

Sementara itu Anggota Komisi III Benny K Harman memberikan catatan penting kepada calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo. Dia menekankan agar institusi Kepolisian benar-benar melakukan perlindungan dan pengayoman kepada masyarakat.

Dia menilai saat ini tugas perlindungan dan pengayoman kepada masyarakat belum maksimal. Sehingga dia berharap di bawah kepemimpinan Kapolri yang baru bisa memaksimalkan dua kewajiban tersebut.

“Tugas Kepolisian memberikan perlindungan dan pengayoman kepada masyarakat. Tetapi faktanya banyak sekali anggota polisi yang tidak melindungi masyarakat. Misalnya ikut dalam penanganan kasus-kasus tanah yang belum jelas asal-usulnya, ikut dalam kasus-kasus tambang ilegal yang merugikan masyarakat,” papar Benny.

Selain itu dia menilai, dalam penanganan kejahatan luar bisa, institusi Kepolisian belum memiliki agenda yang tajam. Dia mempertanyakan kepada calon Kapolri yang baru, apa solusi untuk mengatasi tantangan tersebut. Terlebih lagi luasnya wilayah NKRI dengan pulau-pulau yang ada tentu menjadi tantangan tersendiri bagi polisi.

“Berkaitan dengan kejahatan-kejahatan luar biasa kami belum menemukan agenda yang lebih tajam, untuk menangani kasus-kasus terorisme, radikalisme, narkotika, dan illegal logging, illegal mining, kasus kejahatan lingkungan. Seperti apa solusi Bapak (Listyo) nantinya?” tanya politisi dari Fraksi Partai Demokrat ini.

Tak hanya itu, Benny beranggapan bahwa supporting dari Kepolisian terhadap KPK masih belum maksimal.

“Kami belum melihat penajaman, dukungan institusi Kepolisian terhadap KPK, sebagai garda paling depan dalam pemberantasan korupsi, ada kesan institusi ini menghambat-hambat kerja KPK. Apa rencana bapak ke depan, untuk mendukung supaya institusi Kepolisian medukung KPK habis-habisan,” tandas Benny.

Anggota Dewan dari daerah pemilihan (dapil) Nusa Tenggara Timur (NTT) I ini juga menekankan tentang netralitas Polri dalam agenda politik nasional.

“Tugas Bapak sebagai pimpinan paling tinggi di isntitusi kepolisian adalah menjamin netralitas intitusi ini utamanya dalam agenda politik, Pemilu, Pilpres, Pilkada. Apa agenda bapak untuk menjamin, misalnya tadi Babinkamtibnas di desa-desa tidak mejadi alat politik tertentu untuk mensukseskan parpol tertentu dalam Pemilu nantinya,” ungkap Benny.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo sebelumnya telah mengusulkan satu nama calon Kapolri kepada DPR RI untuk dilakukan uji kelayakan dan kepatutan. Atas dasar keputusan rapat Badan Musyawarah DPR RI, Komisi III DPR RI ditugaskan untuk membahas pelaksanaan fit and proper test tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, semua perwakilan fraksi yang ada di Komisi III DPR RI secara mufakat menyetujui pengangkatan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri. Komisi III berharap Listyo Sigit Prabowo bisa amanah dalam menjalankan tugas yang diembannya. (luk)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top