POLITIK

Wakil Rakyat Kaltim Upayakan Bantuan untuk Kelompok Nelayan

Wakil Ketua Komisi II DPRD Kaltim Baharuddin Demmu Saat Berjumpa Dengan Kelompok Nelayan. (Foto: Istimewa)

SAMARINDA, Kate.id – Wakil rakyat Kaltim mengupayakan bantuan untuk kelompok nelayan. Sebagaimana dilakukan Wakil Ketua Komisi II DPRD Kaltim Baharuddin Demmu dalam Kunjungan Kerja (Kunker) ke Desa Jantur Selatan yang terletak di Kecamatan Muara Muntai, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Melalui kunjungannya, legislator yang juga Ketua Penyuluh Perikanan Provinsi Kaltim tersebut banyak berdiskusi dengan para kelompok nelayan. Sebagai bentuk kepeduliannya memberikan bantuan terhadap profesi mayoritas masyarakat di sana.

“Saat mengunjungi Desa Jantur Selatan, penduduk di desa itu hampir 90 persen mata pencahariannya adalah nelayan.Baik itu nelayan tangkap maupun nelayan budidaya. Dan mereka kondisinya kurang tersentuh,” ujar Bahar sapaan akrabnya, Kamis (14/1/2021).

Dari diskusinya bersama beberapa kelompok nelayan, Bahar mengatakan bahwa ke depan dirinya akan melakukan perapian terhadap kelompok-kelompok nelayan. Terkhusus dalam hal perapian administrasinya.

“Pertama yang harus dibenahi adalah kelompok nelayan. Salah satunya ke depan tidak ada lagi satu orang nelayan di banyak kelompok. Selama ini kadang satu orang banyak ikut kelompok nelayan,” bebernya.

Selaku Ketua Penyuluh Perikanan Provinsi Kaltim, Bahar sudah meminta para penyuluh yang bertugas di sana untuk menata ulang kelompok nelayan. Tentu dari hal itu para nelayan nantinya harus mengikuti mekanisme untuk mendapatkan bantuan.

“Untuk mendapatkan bantuan nelayan, yang pertama adalah dia harus seorang nelayan dan dibuktikan dengan Kartu Usaha Pelaku Perikanan (Kusuka, Red.),” tuturnya.

“Lalu kelompok nelayan nantinya harus masuk ke dalam Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD, Red.). Jadi itu semua untuk membenahi kelompok-kelompok nelayan. Dan nelayan tadi juga berharap mendapat kepedulian, baik dari Pemkab, Pemprov maupun Pusat,” tambahnya.

Adapun dari usaha tersebut, Bahar mengakui jika para nelayan berharap darimana pun sumber bantuannya, sangat dibutuhkan kehadiran. Sehingga sebagai legislator asal Dapil Kukar, Bahar akan berupaya mendisrtibusikan bantuan tersebut.

“Terutama bantuan mesin-mesin kapal, termasuk bodi kapal yang dipakai untuk mencari ikan. Serta alat tangkap seperti jaring, namun tentunya jaring yang ramah lingkungan,” tandasnya. (fer)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top