POLITIK

Politisi PDI Perjuangan Tolak Divaksin, Ingatkan Pemerintah Jangan Main-Main

Ribka Tjiptaning. (Foto: FB Ribka Tjiptaning)

JAKARTA, Kate.id – Politisi PDI Perjuangan sekaligus Anggota DPR RI Ribka Tjiptaning membuat geger. Pasalnya dalam pertemuan dengan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, Selasa (12/1/2021), Ribka menyatakan menolak divaksin Sinovac untuk mencegah Covid-19.

Anggota Komisi IX ini menyatakan tidak mau divaksinasi Covid-19. Ribka juga mengatakan ia dan keluarganya lebih baik dikenai sanksi daripada menerima vaksin Covid-19.

“Saya tetap tidak mau divaksin (Covid-19) maupun sampai yang 63 tahun bisa divaksin. Saya udah 63 nih, mau semua usia boleh, tetap, di sana pun hidup di DKI semua anak-cucu saya dapat sanksi Rp 5 juta, mending gue bayar, mau jual mobil, kek,” kata Ribka, dikutip dari laman Detik.

Penulis buku “Aku Bangga Jadi Anak PKI” ini menyebut Bio Farma belum mengeluarkan tahap uji klinis ketiga terkait vaksin Covid-19. Dia kemudian menyoroti kejadian vaksin polio dan vaksin kaki gajah, yang disebutnya sempat memakan korban di Tanah Air.

“Bagaimana, orang Bio Farma juga masih bilang belum uji klinis ketiga dan lain-lain,” ujarnya.

“Ini pengalaman saya, Saudara Menteri, ini saya omong lagi nih di rapat ini ya. Vaksin untuk antipolio malah lumpuh layu di Sukabumi. Terus anti-kaki gajah di Majalaya mati 12 (orang), karena di India ditolak, di Afrika ditolak, masuk di Indonesia dengan 1,3 triliun, waktu saya ketua komisi. Saya ingat betul itu, jangan main-main vaksin ini, jangan main-main,” tegas Ribka. (luk)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top