KESEHATAN

Penerima Vaksin Bakal Dapat SMS atau Cek di Pedulilindungi.id

Ilustrasi PeduliLindungi.

Kate.id – Gelombang pertama vaksinasi Covid-19 dengan vaksin Sinovac dari Tiongkok telah dimulai. Pada gelombang pertama ini vaksin akan diberikan kepada tenaga kesehatan, pejabat publik yang rentan terinfeksi Covid-19.

Para penerima vaksin akan diumumkan pemerintah melalui SMS blast dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Penerima vaksin akan menerima notifikasi pemberitahuan melalui SMS Blast dari ID Pengirim: PEDULICOVID.

Selanjutnya penerima melakukan registrasi ulang melalui: SMS 1199 atau UMB *119#; aplikasi Pedulilindungi atau website https://pedulilindungi.id; melalui Babinsa/Babinkamtibmas setempat.

Kemudian Sistem Informasi Satu Data Vaksinasi Covid-19 mengirim tiket elektronik sebagai undangan kepada penerima vaksin yang telah terverifikasi.

Pengingat jadwal layanan akan dikirimkan oleh sistem via SMS atau aplikasi Pedulilindungi.id kepada sasaran.

Cara lain mengecek penerima vaksin Covid-19 yaitu buka situs pedulilindungi.id/cek-nik. Masukkan data berupa nomor NIK di kolom yang tersedia. Masukkan kode yang tertera di layar, klik selanjutnya. Layar akan menunjukkan hasil apakah NIK terdaftar atau tidak.

PeduliLindungi dibuat oleh pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika. Aplikasi ini diluncurkan pada Maret 2020 dan sudah diunduh 4,5 juta lebih.

Masyarakat bisa mengecek apakah dirinya terdaftar sebagai penerima vaksinasi Covid-19 prioritas atau tidak melalui website https://pedulilindungi.id/.

Selain itu, bisa juga mengeceknya melalui aplikasi PeduliLindungi yang dapat diunduh di Google PlayStore bagi pengguna Android atau Appstore bagi pengguna IOS. (luk)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top