METROPOLIS

Penularan Covid-19 di Kaltim Belum Berhenti, Kasus Baru Lebih Tinggi

Yudha Pranoto. (Foto: Humasprov Kaltim)

SAMARINDA, Kate.id – Memasuki pekan kedua tahun 2021 penambahan kasus positif Covid-19 di Kaltim belum lagi berhenti. Setiap hari, jumlah kasusnya selalu lebih tinggi dari kasus sembuh.

Pemerintah kembali menyerukan agar semua elemen daerah ini bergandeng tangan melawan penyebaran Covid-19. Sementara para tenaga kesehatan bekerja keras melakukan pemulihan pasien terpapar.

“Penambahan masih terus terjadi dan kita tidak mungkin berjalan sendiri. Kita harus bergandeng tangan dan menyatukan gerak dalam persepsi yang sama,” kata Satgas Penanganan Covid-19 Kaltim Yudha Pranoto, Senin (11/1/2021).

Persepsi sama dimaksud adalah kesamaan pikir bahwa pandemi virus corona ini harus dihentikan penyebarannya. Tidak boleh terus menyebar luas tak terkendali.

Persepsi yang sama berarti kesadaran yang sama untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M. Memakai masker, menjaga jarak aman dan mencuci tangan dengan sabun menggunakan air mengalir.

Kesadaran bersama itu diyakini akan sangat efektif untuk menekan angka penularan Covid-19. Masker akan melindungi virus masuk langsung ke hidung dan mulut, sedangkan menjaga jarak aman akan menghindari droplet dari orang yang mungkin sudah terpapar Covid-19.

“Sedangkan rajin mencuci tangan dengan sabun menggunakan air mengalir sudah tentu akan membunuh virus dan kuman, sekaligus mencegah masuk ke dalam tubuh kita melalui mulut, hidung dan mata,” tegas Yudha.

Data Satgas Penanganan Covid-19 Kaltim per Minggu (10/1/2021) kembali terjadi kenaikan jumlah positif sebanyak 393 kasus dengan pasien sembuh sebanyak 316 kasus.

Untuk menekan kemungkinan penyebaran Covid-19, BPBD Kota Samarinda melakukan penyemprotan disinfektan ke rumah korban positif di kawasan Jalan Sultan Hasanuddin, Kelurahan Baqa, Samarinda Seberang. (lan)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

BERITA TERBARU

To Top