NASIONAL

Pesawat Sriwijaya Air Rute Jakarta-Pontianak Diduga Jatuh di Kepulauan Seribu

Ilustrasi Sriwijaya Air. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, Kate.id – Tragedi penerbangan kembali terjadi di Indonesia. Sabtu (9/1/2021), pesawat Sriwijaya Air rute Jakarta-Pontianak dengan nomor penerbangan SJY 182 hilang kontak dan dikabarkan jatuh pada pukul 14.40 WIB.

Hilangnya pesawat tersebut dibenarkan Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Pesawat bernomor registrasi PK CLC jenis Boeing 737-500 itu hilang kontak pada posisi 11 nautical mile di utara Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang setelah melewati ketinggian 11 ribu kaki dan pada saat menambah ketinggian di 13 ribu kaki.

Kemenhub lantas melakukan koordinasi dengan Badan SAR Nasional (Basarnas) dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). Untuk melakukan investigasi lebih lanjut terkait kecelakaan ini. Proses pencarian pun mulai dilakukan.

“Bahwa telah terjadi ‘lost contact’ pesawat udara Sriwijaya rute Jakarta-Pontianak dengan ‘call sign’ SJ 182. Terakhir terjadi kontak pada pukul 14.40,” kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam konferensi pers virtual.

Dia menuturkan pesawat PK CLC itu lepas landas pada pukul 14.36 WIB, kemudian pada pukul 14.37 diizinkan naik ketinggian 29 ribu kaki dengan mengikuti “instrument departure”.

Pada pukul 14.40, pengendali lalu lintas udara (ATC) melihat Sriwijaya tidak ke arah 075 derajat, melainkan ke Barat Laut.

“Tidak lama kemudian, dalam hitungan detik target Sriwijaya hilang dari radar,” papar Budi.

Atas kejadian tersebut, manajer operasi langsung berkoordinasi dengan Basarnas dan instansi terkait.

“Pada pukul 17.30, Presiden memberikan arahan ke kami untuk memaksimalkan pencarian,” katanya.

Berdasarkan informasi dari Basarnas, pesawat itu hilang kontak di sekitar Pulau Laki dan Pulau Lancang, Kepulauan Seribu.

Beberapa nelayan disebut mendengar benda jatuh dan ditemukan serpihan diduga puing pesawat. Namun belum bisa dipastikan kebenarannya.

Saat ini di Bandara Internasional Supadio Pontianak, pihak keluarga penumpang pesawat Sriwijaya Air berdatangan untuk mencari informasi. Pihak Bandara, Polisi, TNI dan Basarnas di Bandara Supadio Pontianak telah menyiapkan ruangan untuk keluarga di Aula Gedung Serba Guna samping Polsek Bandara.

Situasi Bandara Internasional Supadio Pontianak saat ini masih berjalan normal dan pihak keluarga di arahkan ke Posko serba guna sehingga aktivitas bandara berjalan sebagaimana mestinya. (tia)

Editor: Lukman Maulana

Comments

POPULER

To Top