POLITIK

Legislator Kaltim Dukung PP tentang Kebiri Kimia

Anggota Komisi I DPRD Kaltim M Udin (Foto: Ferry/Kate.id)

SAMARINDA, Kate.id – Anggota Komisi I DPRD Kaltim M Udin mendukung Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 70 Tahun 2020. Yaitu PP mengenai tata cara pelaksanaan hukuman kebiri kimia kepada pelaku kekerasan seksual terhadap anak tentu akan memberikan efek jera.

Dirinya mengaku, mendukung kebijakan dari Pemerintah tersebut. Oleh karena itu berat atau tidaknya yang dilakukan pelaku itu perlu dilihat terlebih dahulu.

“Tentu mendukung kebijakan dari Pemerintah tersebut tentu itu akan memberikan efek jera. Tetapi berat atau tidaknya yang dilakukan pelaku itu perlu dilihat dahulu,” ucapnya, Kamis (7/1/2021).

Legislator Komisi I yang membidangi tentang permasalahan hukum tersebut menerangkan jika saat ini masih ada pandangan dari masyarakat. Yang menganggap peraturan tersebut tidak sesuai dengan Hak Asasi Manusia (HAM).

Namun menurutnya, jika dilihat dengan seksama, aturan tersebut sebagai bentuk untuk memberikan efek jera kepada pelaku. Agar tidak lagi melakukan tindakan kekerasan seksual terhadap anak.

Dari kategori yang ia maksud tentu hal itu untuk melihat terlebih dahulu. Seberapa tingkat kekerasan seksual apakah masuk dalam kategori berat atau ringan.

“Jika masih ringan tentu saja masih dapat diberikan sanksi hukuman pidana penjara. Namun ketika masuk dalam kategori berat maka bisa saja diberikan sanksi kebiri,” tegasnya.

Jika tetap sesuai dengan putusan yang dikeluarkan oleh pengadilan lanjutnya, hukuman tersebut harus dilaksanakan. Seperti halnya putusan Hakim yang memberikan vonis kebiri kepada pelaku kekerasan seksual terhadap anak.

“Apabila dari Hakim sudah vonis kebiri maka dilaksanakan sesuai aturan yang ada,” jelas M Udin. (fer)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

POPULER

To Top