METROPOLIS

Masuk ke Balikpapan Wajib Pakai Rapid Test Antigen

Ilustrasi rapid test antigen.

BALIKPAPAN, Kate.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan menerbitkan peraturan wajib rapid test antigen. Yaitu bagi warga yang saat masuk ke Balikpapan melalui Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan.

Aturan ini akan diberlakukan mulai Senin (4/1/2021). Dasar hukumnya Surat Edaran Wali Kota Balikpapan nomor 440/02/ Pem tentang Persyaratan Perjalanan Orang Dalam Rangka Pengendalian Kedatangan dan Keberangkatan Dari dan Menuju Kota Balikpapan Melalui Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan Pada Masa Pandemi.

Dalam edaran tersebut diatur untuk perjalanan dalam negeri, setiap individu yang melakukan perjalanan orang dengan transportasi umum udara harus memenuhi persyaratan menunjukkan identitas diri (KTP atau tanda pengenal lainnya yang sah).

Bagi yang melakukan perjalanan dengan transportasi udara, wajib menunjukkan hasil negatif pemeriksaan Rapid Test Antigen yang berlaku paling lama 3 x 24 jam dan atau menunjukkan surat keterangan uji tes PCRR dengan hasil negatif yang berlaku 7 x 24 jam sebelum keberangkatan dan mengisi e-HAC Indonesia.

Surat ini untuk ditunjukkan kepada petugas kesehatan di Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan.

Kemudian anak-anak di bawah usia 12 Tahun wajib menyertakan hasil Non Reaktif Rapid Test Antibody sebagai syarat perjalanan.

Sementara persyaratan perjalanan orang kedatangan dari Luar Negeri mengacu pada Surat Edaran Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nomor 3 Tahun 2020 tanggal 9 Desember 2020 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Orang Selama Libur Hari Raya Natal dan Menyambut Tahun Baru 2021 dalam Masa Pandemi Covid-19. (lan)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

BERITA TERBARU

To Top