METROPOLIS

Kaltim Diklaim Lewati 2020 dengan Beragam Kesuksesan

Gubernur Kaltim Isran Noor. (Foto: Adi Suseno/Humasprov Kaltim)

SAMARINDA, Kate.id – Walaupun dilanda pandemi Covid-19 di 2020, Provinsi Kaltim dapat melaluinya dengan berbagai sejarah atau keberhasilan yang telah diraih. Sebagaimana ditegaskan Gubernur Kaltim Isran Noor pada pelantikan anggota dewan komisaris independen dan direktur operasional PT BPD Kaltimtara, Senin (4/1/2021).

“Kita patut bersyukur, karena kita dapat melewati tahun 2020 dengan berbagai kesuksesan,” kata Isran.

Keberhasilan itu, ungkap Isran, antara lain Kaltim masih bisa mengendalikan dan mengontrol inflasi, bahkan terbaik di seluruh provinsi. Kemudian indeks pembangunan manusia (IPM) berada pada posisi ketiga terbaik, setelah DKI Jakarta dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Kaltim ujarnya, mendapatkan prestasi kerja karena dukungan semua pihak. Di mana pendapatan asli daerah (PAD) melalui pajak daerah berhasil melampaui target. Setelah dilakukan refocusing atau pergeseran anggaran pendapatan dan belanja daerah.

“Dalam pandemi Covid-19 ini, tidak semua daerah bisa meraih kesuksesan seperti yang telah kita dapatkan. Bahkan barnyak lagi kesuksesan yang kita raih tahun 2020 lalu,” tandasnya.

Isran menambahkan, penghargaan dankeberhasilan sebagai provinsi informatif diharapkan dipertahankan. Karena itu, seluruh lembaga dan instansi dapat mengikuti dan melaksanakan Undang-undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

“Lembaga maupun instansi tidak ragu-ragumemberikan informasi kepada publik. Karena UU itu sudah jelas, setiap badan publik itu diwajibkan memberikan informasi kepada masyarakat,” jelasnya.

Selain itu berbagai kesulitan dan ketidaknyamanan yang diterima karena Covid-19 sepanjang tahun 2020, semestinya menjadi pelajaran. Yang menguatkan tekad untuk tidak terus berada dalam kondisi yang sama, tetapi berupaya keluar dari masasulit ini.

“Di tahun yang baru ini, kita harus hadirkan semangat baru. Yakni semangat satu padu melawan Covid-19, serta terus meningkatkan kinerja,” harapnya. (lan)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

BERITA TERBARU

To Top