HUKUM & KRIMINAL

Kapolri Larang Perayaan Natal yang Ciptakan Kerumunan

Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis. (Foto: Humas Polda Jatim)

JAKARTA, Kate.id – Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis melarang penyelenggaraan perayaan Natal 2020 yang menciptakan kerumunan. Hal ini ditegaskan dalam Maklumat Nomor Mak/4/XII/2020 tentang Kepatuhan terhadap Protokol Kesehatan dalam Pelaksanaan Libur Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021.

Dalam maklumat bertanggal 23 Desember 2020 tersebut, Idham mengingatkan bahwa penanganan penyebaran Covid-19 secara nasional belum sepenuhnya terkendali. Dan masih berpotensi berkembang luas dalam masyarakat.

Karena itu guna memberikan perlindungan dan menjamin keamanan dan keselamatan masyarakat selama pelaksanaan Libur Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021, Polri meminta masyarakat tidak menyelenggarakan pertemuan/kegiatan yang mengundang kerumunan orang banyak di tempat umum berupa.

Pertemuan atau kegiatan yang dimaksud berupa perayaan Natal dan kegiatan di luar tempat ibadah, pesta/perayaan malam pergantian tahun, arak-arakan, pawai, dan karnaval, juga pesta perayaan kembang api.

“Bahwa apabila ditemukan perbuatan yang bertentangan dengan maklumat ini, maka setiap anggota Polri wajib melakukan tindakan yang diperlukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” tegas Idham. (luk)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

BERITA TERBARU

To Top