METROPOLIS

Rapid Test Antigen Tersedia di RSUD AM Parikesit Kutai Kartanegara

Kadinkes Kukar Martina Yulianti saat keterangan pers secara online terkait RT antigen. (Foto: Humas AM Parikesit)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Untuk mengetahui apakah seseorang positif atau negatif Covid-19 bisa melalui Rapid Test (RT) Antigen. Yang hasilnya dapat diketahui dalam waktu yang cepat. Kini di RSUD AM Parikesit Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara (Kukar) sudah tersedia layanan RT antigen secara mandiri.

“RT antigen, masih dikhususkan bagi pelaku perjalanan, khususnya yang ingin ke Jakarta, Jawa, dan Bali,” jelas Plt Direktur RSUD AM Parikesit, Martina Yulianti, Rabu (23/12/2020) siang.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kukar ini menambahkan, alat RT antigen yang ada tidak dipakai untuk diagnosis pasien atau tracing. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kukar ini belum mengetahui secara pasti, ke depannya bisa saja dipakai untuk tracing juga.

Martina menjelaskan perbedaan RT antibodi dengan antigen. Martina, RT antibodi sampelnya darah, sedangkan antigen sampelnya antigen sumber dari virus. Dari hasilnya, lebih cepat bisa dilihat RT antigen jika dibandingkan dengan antibodi.

“RT antigen butuh waktu 5 sampai 10 menit saja, sudah bisa diketahui hasilnya apakah negatif atau positif,” jelasnya.

Meski cepat melihat hasilnya, namun tingkat akurasinya masih ragu-ragu. Martina memastikan yang lebih tepat hasilnya tetap pada test Swab PCR, yang diyakini hasilnya lebih tepat.

“Alangkah baiknya setelah RT antigen, dilanjutkan saja ke tahapan Swab PCR agar hasilnya lebih pasti,” ucapnya.

Martina juga memastikan, tenaga kesehatan (nakes) di Kukar, sudah siap melakukan vaksinasi Covid-19. Karena pekan lalu sebanyak 72 nakes sudah diberi pelatihan vaksin.

“Para nakes yang bekerja di fasilitas kesehatan pemerintah sudah kita bimbingan teknis(Bimtek) vaksinasi pekan lalu, ” tandasnya. (hik)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

BERITA TERBARU

To Top