POLITIK

Target Pemberian Vaksin Covid-19 di Kaltim Mulai Februari 2021

Sekretaris Komisi IV DPRD Kaltim Salehuddin. (Foto: Istimewa)

SAMARINDA, Kate.id – Kaltim masuk dalam daftar prioritas untuk mendapatkan jatah vaksin Sinovac sekira 30 ribu vaksin dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia. Dengan target vaksinasi mulai dilakukan Februari 2021.

Sekretaris Komisi IV DPRD Kaltim Salehuddin mengatakan jika nantinya vaksin tersebut akan diprioritaskan untuk beberapa tenaga kesehatan hingga Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Nantinya vaksin akan diprioritaskan untuk beberapa tenaga kesehatan, ASN, TNI, Polri, dan penerima bantuan iuran usia 18-59 tahun,” ujar Saleh.

Namun vaksin yang sudah selesai diuji klinis nantinya juga akan diuji lebih lanjut di Indonesia. Seperti jenis vaksin Pfizer-BioNTech yang telah diuji klinis baru 80 persen tingkat efektivitasnya terukur.

“Sebab informasi yang kami dapatkan, sekarang Pfizer-BioNTech yang sudah melakukan uji klinis dan 80 persen efektivitasnya bisa terukur,” lanjutnya.

Tetapi yang terpenting menurut mantan Ketua DPRD Kabupaten Kutai Kartanegara tersebut, vaksin yang ada akan menjadi semangat positif untuk menghadapi pandemi Covid-19.

“Sekira Januari 2021 nanti, uji klinis vaksin bisa selesai dan efektivitasnya sudah ada,” bebernya.

Sehingga Saleh berharap jika uji klinis vaksin sudah selesai, pemberian vaksin pun sudah bisa dilakukan di bulan Februari tahun depan.

“Kalau vaksin semua sudah klir, menurut saya proses vaksinasi bisa berjalan dan lanjut ke Februari 2021,” pungkas Saleh. (fer)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

BERITA TERBARU

To Top