POLITIK

Legislator Golkar Kaltim Dorong Pemerintah Buka Peluang Kerja

Sekretaris Komisi IV DPRD Kaltim Salehuddin. (Foto: Ferry/Kate.id)

SAMARINDA, Kate.id – Badai Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) seketika menjadi sesuatu yang lazim di tengah pandemi Covid-19. Bahkan hampir di seluruh daerah di Indonesia PHK terjadi, tak terkecuali di Kaltim.

Menanggapi maraknya permasalahan PHK tersebut, Salehuddin selaku Sekretaris Komisi IV DPRD Kaltim mendorong agar pemerintah membuka peluang pekerjaan untuk mengakomodasi tenaga kerja yang mengalami PHK.

“Perlu ada peluang-peluang bekerja yang memang memfasilitasi atau mengakomodasi para tenaga kerja yang di-PHK,” terang Saleh saat berbincang di gedung E kantor DPRD Kaltim, Selasa (15/12/2020).

Menghimpun data dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kaltim pada Mei lalu, ada 9.553 pekerja terdampak akibat pandemi. Sebanyak 7.926 pekerja dirumahkan dari 213 perusahaan dan 1.627 pekerja di-PHK dari 113 perusahaan yang ada di Kaltim.

Legislator Fraksi Golkar tersebut menghimbau dalam menekan angka PHK, perusahaan dan sektor-sektor yang dapat menyerap tenaga kerja lainnya, bisa memberi kebijakan berkerja di tengah pandemi.

“Dalam waktu dekat ini sektor-sektor lain pun akan melakukan hal serupa agar bisa memberi peluang bagi tenaga kerja yang di-PHK,” ujarnya.

“Imbauan kepada perusahaan untuk memberlakukan kebijakan bekerja di tengah pandemi pun dirasa perlu,” lanjut Saleh.

Dengan kata lain, dirinya berharap para karyawan nantinya tetap bisa bekerja meskipun tidak dalam waktu penuh. Hal itu dilakukan untuk menghindari bertambahnya angka PHK. Sehingga roda perekonomian pun teetap berjalan.

“Artinya, harapan kami untuk perusahaan dan karyawan tetap bisa berjalan. Jangan sampai ada langkah-langkah untuk PHK, dihindari dahulu agar roda ekonomi masyarakat tetap bisa berjalan,” tandasnya. (fer)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

BERITA TERBARU

To Top