POLITIK

Ketua DPRD Kaltim Usulkan Pemerintah Ikut Dampingi Reses Anggota Dewan

Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK. (Foto: Istimewa)

SAMARINDA, Kate.id – Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK meminta kepada perwakilan kepala daerah di kabupaten/kota agar turut mendampingi anggota dewan melakukan reses. Hal ini menindaklanjuti hasil dari kegiatan reses atau serap aspirasi DPRD Kaltim Masa Sidang III tahun 2020.

Pasalnya Makmur mengakui di saat 55 anggota DPRD Kaltim melakukan reses di daerah pemilihan (Dapil) masing-masing, jarang mendapat pendampingan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat.

“Tentu saat reses kami tidak sekadar mendapatkan laporan begitu saja. Reses ini kan program kerja yang dilakukan oleh 55 anggota dewan. Di situ kami meminta ada perhatian kepala daerah agar peduli,” ujar Makmur saat dijumpai dalam kegiatan Paripurna Ke-38 Pelantikan PAW, Senin (14/12/2020).

“Sama-samalah mendampingi waktu pertemuan-pertemuan reses. Karena bagaimana pun juga perlu diketahui, kabupaten kota itu kan perlu bantuan provinsi,” lanjut Makmur.

Atas hal itu dia merasa prihatin sebab anggota dewan seakan dibiarkan begitu saja saat melakukan serap aspirasi ke masyarakat. “Kami seolah-olah dibiarkan begitu saja. Anggota dewan tidak ada pendamping dari OPD kabupaten kota. Saya prihatin sebenarnya,” sebutnya.

Tak ingin permasalahan itu berlarut-larut, Makmur berharap Pemprov Kaltim menekankan pemerintah kabupaten/kota agar peduli terhadap kegiatan reses anggota DPRD Kaltim. “Tetapi harapan saya melalui kegiatan ini kami berharap Pemprov Kaltim dapat menekankan kepedulian kepada Bupati dan Walikota,” tegasnya.

Asisten Administrasi Umum Setdaprov Kaltim Fathul Halim mengatakan jika pihaknya telah mendengarkan usulan tersebut. Oleh karena itu pihaknya nanti akan lebih memaksimalkan peran pemerintah kabupaten/kota.

“Insyaallah pemerintah sudah mendengar pandangan akan masukan tersebut. Nanti akan kita maksimalkan untuk peranan pemerintah kabupaten/kota,” pungkasnya. (fer)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

BERITA TERBARU

To Top