POLITIK

DPRD Kaltim Resmi Sahkan Lima Perda di Akhir Tahun 2020

Suasana Rapat Paripurna Ke-37 Tentang Pengesahan 5 Perda Provinsi Kaltim. (Foto: Istimewa)

SAMARINDA, Kate.id – DPRD Kaltim telah resmi mengesahkan lima buah Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) menjadi Peraturan Daerah (Perda). Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kaltim M Ramadhan mengatakan jika lima Perda tersebut nantinya akan diserahkan kepada Pemprov Kaltim untuk disampaikan pada Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

“Berdasarkan keputusan tentang persetujuan penetapan Perda Provinsi Kaltim, nantinya akan diserahkan kepada Pemprov Kaltim untuk disampaikan pada Mendagri kemudian difasilitasi sesuai peraturan perundang-undangan,” ucap Ramadhan, Senin (14/12/2020).

Keputusan pengesahan Perda yang dibacakan oleh Sekwan tersebut di antaranya Perda Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil (RZWP3K), Perda Rencana Pengembangan Pembangunan Perumahan dan Kawasan Permukiman, Perda Pajak Retribusi Jasa Umum, Perda Pajak Retribusi Jasa Usaha, dan Perda Retribusi Perizinan Tertentu.

Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK saat memimpin jalannya rapat paripurna juga turut mengapresiasi kepada seluruh anggota DPRD Kaltim atas ditetapkannya lima Raperda menjadi Perda.

“Kami mengapresiasi kerja keras seluruh anggota DPRD Kaltim yang telah bersama berjuang hingga menyelesaikan pembahasan dan mengesahkan atau menetapkan lima Raperda menjadi Perda,” ujar Makmur.

Dalam kesempatan yang sama, mewakili Gubernur Kaltim, Asisten Administrasi Umum Setdaprov Kaltim Fathul Halim juga berharap melalui penetapan lima Perda tersebut akan memberikan manfaat bagi masyarakat yang sangat menunggu penetapan itu.

“Kami harapkan ini betul-betul bermanfaat bagi masyarakat. Keputusan ini juga mampu meningkatkan pendapatan asli daerah,” tandas Fathul. (fer)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

BERITA TERBARU

To Top