EKONOMI & BISNIS

Ekonomi Syariah Punya Daya Tahan Tinggi Hadapi Situasi Krisis

Ilustrasi ekonomi syariah.

JAKARTA, Kate.id – Ekonomi syariah nasional yang bertumpu pada sektor riil dinilai memiliki daya tahan tinggi khususnya dalam menghadapi situasi krisis. Seperti diungkapkan Guru Besar Keuangan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Padjadjaran Dian Masyita.

Dilansir dari Kantor Berita Antara, Dian mengatakan hal itu dikarenakan sektor tersebut diperuntukkan memenuhi kebutuhan dasar masyarakat banyak. Dan memiliki multiplier effect yang luas, termasuk menyerap tenaga kerja.

“Ekonomi syariah juga tidak memikirkan keuntungan semata, tapi juga mematuhi prinsip-prinsip syariah, seperti menghindari riba, gharar (ketidakjelasan), maysir (berjudi/spekulasi) dalam bertransaksi, serta menjunjung tinggi keadilan dan semangat saling membantu satu sama lain,” ujarnya melalui keterangan tertulis, Sabtu (12/12/2020).

Selain itu, menurut dia, ekonomi syariah nasional memiliki potensi besar yang didukung populasi Muslim terbesar di dunia. Namun demikian, Dian menambahkan, masih banyak tantangan yang harus diatasi. Khusus untuk sektor keuangan syariah yakni rendahnya tingkat literasi dan inklusi masyarakat.

Khusus bagi pasar modal syariah, lanjutnya, masih minimnya jumlah dan variasi produk yang diterbitkan oleh para pelaku industri menjadi salah satu hambatan utama. “Masih banyak tugas bersama yang harus diselesaikan di 2021, ” ujarnya. (luk)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

BERITA TERBARU

To Top