METROPOLIS

Pemasangan Lampu Hias Jembatan Kutai Kartanegara Capai 80 Persen

Uji coba lampu hias jembatan Kukar. (Foto: Hik/Kate.id)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Pemasangan lampu hias Jembatan Kutai Kartanegara (Kukar) mencapai 80 persen. Bupati Kukar Edi Damansyah menghadiri uji coba lampu hias jembatan tersebut pada Kamis (10/12/2020) malam, bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar Sunggono.

Edi yang baru saja aktif kembali sebagai bupati mengatakan, lampu hias ini bagian dari program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar. Yang sudah direncanakan sejak dua tahun dan akhirnya terwujud di 2020 ini.

“Pemasangan lampu hias sudah mencapai 80 persen. Yang tersisa belum dilakukan pemasangan ornamennya saja. Lampu bertuliskan Kutai Kartanegara yang belum dipasang, ” ucap Edi.

Lampu hias jembatan Kukar diyakini Edi, bakal menjadi daya tarik Tenggarong mengundang wisatawan. Selain lampu hias, ada lagi kegiatan yang masih berjalan yaitu penataan Taman Kota Raja (TKR).

“Dari segi desainnya dibuat pemkab, sedangkan pelaksanaannya dari SKK Migas dan Pertamina. Ini merupakan kolaborasi antara pemerintah dengan perusahaan yang ada di Kukar. Karena selama ini Pertamina banyak bangun taman di Balikpapan, sedangkan operasional migasnya di Kukar, akhirnya kami minta bangun taman juga di tenggarong,” urai Edi.

“Mudah-mudahan perusahaan yang lain bisa mengikuti jejak Pertamina membantu Pemkab Kukar,” tambahnya.

Sementara itu Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kukar Slamet Hadi Raharjo mengatakan, kapasitas listrik lampu hias mencapai 23 ribu watt. Kapasitas ini diyakini tidak boros listrik.

“Kayaknya tidak terlalu mahal karena memakai lampu LED yang lebih irit. Nanti akan kami hitung ulang lagi, setelah sudah diaktifkan secara penuh,” bebernya.

“Kami targetkan pemasangan lampu hias selesai 15 Desember 2020. Jika tidak selesai juga, dipastikan akhir bulan ini sudah selesai,” pungkas Slamet. (hik)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

POPULER

To Top