POLITIK

Perjuangkan Aspirasi Nelayan, Legislator Kaltim Serahkan Mesin Kapal

Wakil Ketua Komisi II DPRD Kaltim Baharuddin Demmu saat memberikan bantuan mesin kapal kepada nelayan dari Desa Muara Pantuan. (Foto: Istimewa)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Wakil Ketua Komisi II DPRD Kaltim Baharuddin Demmu memberikan bantuan mesin kapal. Untuk kelompok nelayan Rumpun Setia yang berasal dari Desa Muara Pantuan, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Legislator asal Fraksi PAN tersebut mengatakan, meski penyerahan bantuan mesin kapal dilakukan di Desa Sungai Meriam, namun para nelayan tetap antusias datang untuk menerimanya. Bantuan ini merupakan komitmen dewan dalam memperjuangkan aspirasi nelayan.

“Itu kan bantuan untuk kelompok nelayan Rumpun Setia. Posisinya kelompok itu ada di Desa Muara Pantuan. Cuma kemarin diserahterimakan itu di Desa Sungai Meriam. Jadi mereka datang ke Desa Sungai Meriam untuk menerima,” ungkap Baharuddin kepada Kate.id, Selasa (8/12/2020).

Secara terperinci, dia juga menyampaikan bahwa mesin kapal berjenis dompeng 26 PK diserahkan sebanyak 13 unit. Hal itu pun dilakukannya menyangkut dengan kebutuhan mendasar masyarakat di wilayah pesisir.

“Jumlahnya itu 13 mesin dompeng 26 PK. Memang ini menjadi kebutuhan mendasar masyarakat kita di wilayah pesisir. Dan alhamdulillah kami bisa memperjuangkan aspirasi mereka di kelompok-kelompok nelayan,” ucapnya.

Malahan, sambung Baharuddin, mesin kapal yang diserahkan tersebut sudah komplet dan siap pakai oleh para nelayan. “Pokoknya alat itu sudah siap jalan, tinggal pasang di kapal langsung jalan, karena alat ini komplet,” tegasnya.

Menurut Baharuddin, penyerahan bantuan mesin kapal itu berawal dari usulan para nelayan saat kegiatan reses di Desa Muara Pantuan beberapa waktu lalu. “Bantuan itu merupakan usulan saat bertemu mereka di waktu reses di Desa Muara Pantuan dan ini masih bertahap,” tambahnya.

Setelah penyerahan bantuan tersebut, Baharuddin mendorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim memberikan alokasi di sektor nelayan. Pasalnya untuk menyambut Ibukota Negara (IKN) di Kaltim, nelayan harus benar-benar diberdayakan. (fer)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

POPULER

To Top