INTERNASIONAL

Kim Jong-un Eksekusi Mati Warga Pelanggar Karantina Covid-19

Presiden Korea Utara Kim Jong-un. (Foto: Reuters/KCNA)

Kate.id – Presiden Korea Utara Kim Jong-un dilaporkan memberikan hukuman mati untuk seorang warga yang melanggar aturan karantina Covid-19. Selain melanggar aturan, pria berusia 50 tahun itu juga rupanya menyelundupkan barang.

Diketahui pria itu tertangkap saat menyelundupkan barang bersama temannya yang merupakan warga negara Tiongkok. Karena perbuatannya itu, dia dieksekusi dengan cara ditembak mati pada Sabtu (28/11/2020) lalu.

“Memang sering terjadi penyelundupan di perbatasan. Eksekusi terbuka itu dilakukan karena pelaku melanggar sesaat sebelum perintah karantina diberlakukan,” kata salah satu sumber seperti dilansir NZ Herald.

Penyelundupan di perbatasan Tiongkok dan Korea Utara yang terbentang sepanjang 1416.22 kilometer ini kerap terjadi. Lantaran Korea Utara yang memperketat perbatasan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Namun masih banyak penduduk Korea Utara yang menyelundupkan barang dari Tiongkok di perbatasan. Kim Jong Un pun memerintahkan pasukan penjaga perbatasan untuk bertindak tegas dengan menembak mati siapa pun yang mendekati perbatasan Korea Utara dengan Tiongkok. (luk)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

BERITA TERBARU

To Top