SAINS & TEKNO

Tiongkok Sukses Nyalakan Matahari Buatan Berdaya Nuklir

HL-2M Tokamak, matahari buatan Tiongkok di Chengdu, provinsi Sichuan berhasil dinyalakan, Jumat (4/12/2020). (Foto: CFP)

Kate.id – Tiongkok makin membuktikan diri sebagai negara adidaya. Terbaru, instalasi matahari buatan generasi terbaru yang dikenal dengan nama Tokamak HL-2M berhasil mereka pasang di Chengdu, Provinsi Sichuan, Jumat (4/12/2020). Matahari buatan itu pun kini menyala.

Badan Energi Atom Tiongkok (CAEA) menyatakan, keberhasilan pemasangan matahari baru ini menunjukkan kemandirian Tiongkok dalam menguasai desain, konstruksi, dan pengoperasian teknologi perangkat Tokamak canggih berskala besar.

Tokamak HL-2M dirancang untuk merespons reaksi alami yang terjadi di bawah sinar matahari agar bisa menyediakan energi bersih melalui pengendalian fusi nuklir.

Dengan struktur dan model yang lebih canggih dan terkendali, peralatan baru tersebut dapat menghasilkan plasma yang lebih panas dari 200 juta derajat celsius dan tingkat arus listrik plasma dapat ditingkatkan hingga lebih dari 2,5 triliun ampere.

CAEA mengklaim matahari buatan yang sudah terinstal di Chengdu itu yang tercanggih dan terbesar dengan parameter tertinggi di Tiongkok. Mesin tersebut mampu memberikan dukungan teknis utama bagi Tiongkok dalam mengembangkan fusi nuklir berkualitas tinggi dan menjadi platform internasional.

CAEA menegaskan, saat ini Tiongkok sedang bekerja sama dengan berbagai negara dalam energi hall fusi nuklir. (luk)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

BERITA TERBARU

To Top