EKONOMI & BISNIS

Pemkab Kutai Kartanegara Terima DIPA dan Alokasi TKDD 2021

Sekda Kukar Sunggono (tengah) saat menghadiri penyerahan DIPA dan alokasi TKDD dari Pemprov Kaltim, Jumat (4/12/2020). (Foto: Humas Pemkab Kukar)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan alokasi Transfer ke daerah dan Dana Desa (TKDD) Tahun 2021, Jumat (4/12/2020). DIPA diterima Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar Sunggono dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim bersama Kementerian Ditjen Pajak di Hotel Mercure Samarinda.

Sebelumnya Kanwil Direktorat Jenderal pembendaharaan Kaltim Miden Sihombing kepada Isran Noor menyerahkan DIPA senilai Rp 28 triliun kepada Gubernur Kaltim Isran Noor. DIPA tersebut lantas dibagikan kepada sepuluh kepala daerah atau wali kota se-Kaltim.

Dikatakan Isran, tercatat sekira Rp 10 triliun dari penyerahan DIPA tersebut ditujukan instansi vertikal. Sementara Rp 18 triliun untuk instansi otonom. Dengan adanya penyerahan DIPA, Isran menegaskan untuk segera meningkatkan perekonomian di 10 kabupaten/kota.

“Saya bersyukur penyerahan DIPA dan TKDD lebih cepat. Sehingga kegiatan bisa dilaksanakan 2021 sejak awal Januari,” kata Isran.

Dia berharap seluruh instansi pemerintah daerah segera menyiapkan dokumen yang berkaitan dengan kontrak dan lelang kegiatan. “Saya instruksikan kepala daerah, baik bupati dan walikota, juga instansi otonom segera dipercepat dan penuhi persyaratan,” tutur Isran.

Sebab, sambungnya, pembangunan dan upaya pemulihan ekonomi tidak saja bersumber dari APBN/APBD, tetapi pihak swasta (investor) berupa investasi. “Saya yakin kegiatan pembangunan di Kaltim ini, pasti didukung oleh investor. Semuanya sangat penting dalam percepatan pertumbuhan ekonomi di daerah,” tegas Isran. (luk)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

BERITA TERBARU

To Top