POLITIK

Pansus RZWP3K Ingin Tampung Masukan Melalui Konsultasi Publik

Ketua Pansus Raperda RZWP3K DPRD Kaltim Sarkowi V Zahry. (Foto : Ferry/Kate.id)

SAMARINDA, Kate.id – Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Rencana Zonasi Wilayah Pesisir Dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K) mendekati finalisasi. Karenanya Ketua Panitia Khusus (Pansus) RZWP3K DPRD Kaltim Sarkowi V Zahry ingin menyesuaikan kembali Raperda RZWP3K terhadap aturan-aturan yang ada melalui forum konsultasi publik.

Salah satunya penyesuaian terhadap pemberlakuan UU Cipta Kerja (Ciptaker) Omnibus Law yang baru saja disahkan.

“Kami sekarang menyelesaikan agenda yang ada. Meskipun melihat ke depannya itu kan harus kami pertimbangkan seperti model dengan adanya UU Ciptaker Omnibus Law. Yang pasti ada kaitannya dengan Raperda RZWP3K,” ujar legislator asal Fraksi Golkar tersebut, Selasa (1/12/2020).

Lanjut dirinya, penyesuaian pembahasan Raperda RZWP3K tersebut nantinya akan dimasukkan ke dalam forum konsultasi publik. Di forum itu pula Pansus akan membahas bersama Kelompok Kerja (Pokja) Raperda RZWP3K yang berasal dari perwakilan Pemprov Kaltim.

“Tetapi nanti akan kami berikan bagian dari konsultasi publik. Masukan-masukan yang diterima nanti akan kami input semua. Dari masukan itu akan kami bahas bersama Pokjanya Pemprov Kaltim. Jadi nanti akan dibahas mana yang kita akomodasi mana yang tidak,” terang Sarkowi.

Dari hal itu pun selain dilakukan untuk menyaring masukan dari masyarakat, Sarkowi juga ingin meminta alasan jelas. Terutama kepada masyarakat yang masih tidak setuju terhadap Raperda RZWP3K.

“Sehingga pada pada saat pembahasan itu misalnya ada yang tidak disetujui apa alasannya,” jelasnya.

Kendati demikian, dari rangkaian proses penjaringan masukan tersebut dilakukan untuk menjalin komunikasi yang baik bersama masyarakat.

“Begitu juga masukan dari masyarakat. Kalau nanti itu ternyata berkaitan dengan aspek hukum, otomatis masyarakat juga akan bisa menerima pula. Yang kami lakukan adalah komunikasi yang baik,” tandasnya. (fer)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

BERITA TERBARU

To Top