OLAHRAGA

Kutai Kartanegara Bertekad Tak Lagi Gunakan Atlet Luar Daerah

Plt Bupati Kukar Chairil Anwar dalam pelantikan KOK Muara Jawa dan Sangasanga. (Foto: Humas Pemkab Kukar)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kutai Kartanegara (Kukar) terus mengupayakan lahirnya atlet-atlet putra daerah asli. Sehingga tidak ada lagi atlet bayaran dari luar daerah yang membela Kukar di ajang olahraga.

“Kita pastikan jangan ada lagi atlet ‘ngebon’ (bayaran) dari Samarinda, Balikpapan atau bahkan dari Pulau Jawa. Harus atlet asli dari odah etam (dari kita) Kukar,” tutur Plt Bupati Kukar Chairil Anwar saat menghadiri pelantikan pengurus Koordinator Olahraga Kecamatan (KOK) Muara Jawa dan Sangasanga periode 2020-2022, Jumat (04/12/2020) sore.

Karena itu dia sepakat dengan program kerja KONI Kukar dalam memutus mata rantai mutasi atlet. Menurut Chairil, upaya ini adalah bentuk nyata kepedulian KONI Kukar, bahwa prestasi itu harus dibina dan berdayakan dari putra daerah asli.

Ketua Umum KONI Kukar Rahman menuturkan, telah menjadi kewajiban KOK masing-masing kecamatan dalam memajukan olahraga di kecamatannya. Sesuai dengan potensi yang dimiliki. Pelantikan KOK Muara Jawa dan Sangasanga ini sendiri menandai sudah 17 kecamatan yang dilantik KONI Kukar, menyisakan KOK Tenggarong.

“Tinggal KOK Tenggarong saja yang memang kami jadwalkan terakhir dilantik. Dengan demikian kami pastikan semua bibit atlet, murni berasal dari putra daerah,” ungkap Rahman.

Dia menegaskan ke depan jangan lagi ada atlet mutasi. Sekalipun nantinya kalah dalam sebuah kompetisi, yang terpenting pesertanya adalah orang Kukar itu sendiri.

Rahman menyebut tidak semua olahraga mesti dikembangkan di setiap kecamatan. Melainkan olahraga yang memiliki potensi serta prestasi di daerahnya masing-masing.

“Kembangkan dan majukan saja secara fokus cabor apa yang potensi untuk berpestasi di daerah masing-masing, misalnya sepakbola, tenis meja, bulutangkis, silat dan catur. Yang pasti menjadi unggulan dan andalan di kecamatan masing-masing,” urainya. (lan)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

BERITA TERBARU

To Top