METROPOLIS

Kader PKK Kutai Kartanegara Dilatih Menambah Penghasilan Keluarga

Suasana pelatihan fardu kifayah kader PKK Kukar November silam. (Foto: Humas Pemkab Kukar)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) terus didorong mendapatkan pengetahuan yang bisa dimanfaatkan untuk menambah penghasilan keluarga. Terbaru pelatihan bagi kader pada 27-29 November 2020 lalu di Aula Kantor Camat Tenggarong.

Ketua TP PKK Kecamatan Tenggarong Atih Hayati yang membuka pelatihan menjelaskan, pelatihan tersebut meliputi pelatihan fardu kifayah yang dilaksanakan oleh Pokja I. Pelatihan merawat Tanaman Hidroponik Pokja III, pelatihan membuat Bone Cabe, dan rereshing kader posyandu yang dilaksanakan dalam tiga tahap.

“Pelatihan dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan lebih kepada para kader agar bisa mendapatkan pengetahuan untuk menambah penghasilan bagi keluarga,” terang Atih.

Diharapkan, posyandu yang berada di Kecamatan Tenggarong dapat berjalan dengan baik. Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk, dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan.

“Guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar atau sosial dasar untuk mempercepat penurunan Angka kematian ibu dan angka kematian bayi,” sebutnya.

Adapun refreshing kader Posyandu yang dilaksanakan dalam tiga tahap dan diikuti 562 orang kader Posyandu di lingkup Kecamatan Tenggarong. Atih juga berharap nantinya semua posyandu khususnya di Kecamatan Tenggarong memiliki alat yang lengkap. Seperti infantometer, alat ukur tinggi bayi, dan alat lainya. Untuk menunjang kelancaran posyandu. (lan)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

POPULER

To Top