EKONOMI & BISNIS

Kades Batuah Abdul Rasyid Pelopori Pembentukan 42 KIM di Desanya

Kepala Desa Batuah Abdul Rasyid (tengah). (Foto: Batuah.id)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Sebelumnya diberitakan Desa Batuah, Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) memiliki 84 Dasa Wisma yang bergerak di bidang ketahanan pangan hortikultura. Namun bukan itu saja, desa dengan 49 RT ini juga memiliki kelompok informasi masyarakat (KIM) dalam jumlah banyak yaitu 42 di setiap RT.

Abdul Rasyid selaku Kepala Desa (Kades) Batuah menuturkan, dibentuknya KIM hingga 42 di desanya berkat dorongan dan dukungan dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kukar. Yaitu agar di setiap RT dapat dibentuk KIM.

Pembentukan KIM ini juga lantaran di setiap RT telah terdapat Dasa Wisma. Karena itu dibutuhkan keberadaan KIM untuk memperkenalkan potensi-potensi Desa Batuah, khususnya yang dikerjakan Dasa Wisma-Dasa Wisma tersebut.

Pun begitu, pihaknya menilai masyarakat kini aktif di media sosial. Keberadaan KIM dianggap penting supaya informasi yang disampaikan lebih terukur. “Yang paling penting adalah akan menjadi sarana marketing untuk produk-produk batuah dan apapun tentang Desa Batuah,” terang Rasyid, Rabu (2/12/2020).

Menurut dia, setiap RT yang ada mesti aktif bergerak demi memudahkan pembangunan desa. Ditambah lagi kondisi wilayah Desa Batuah yang terbilang luas. Karenanya bila jaringan di tingkat RT telah terbangun dan terbentuk, salah satunya melalui KIM, maka bisa memudahkan pembangunan.

“Dari RT kita tahu apa yang dibutuhkan. Dan dari RT pula kita tahu apa yang sudah dijalankan,” tandas Rasyid. (lan)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

BERITA TERBARU

To Top