METROPOLIS

BPD di Kutai Kartanegara Diharapkan Ikut Berperan di Masa Pandemi

Suasana pelantikan BPD di lingkup Kabupaten Kukar, Kamis (3/12/2020). (Foto: Humas Pemkab Kukar)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Badan Permusyawarahan Desa (BPD) di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) diharapkan berperan pada masa tanggap darurat Covid-19 ini. Yaitu turut mengawal penganggaran melalui perubahan APBDes bersama Kepala Desa.

Hal ini diungkapkan Plt Bupati Kukar Chairil Anwar ketika melantik dan mengambil sumpah anggota lima Badan Permusyawaran Desa (BPD) periode 2020-2026 di lima desa yang ada di Kecamatan Loa Janan dan Kecamatan Samboja, Kamis (3/12/2020).

Chairil menjelaskan, kegiatan-kegiatan pencegahan dan penanganan Covid-19 itu berupa penyediaan anggaran untuk pembentukan dan dukungan kerja Tim Relawan Desa Lawan Covid-19. Juga kegiatan penangulanggan dampak berupa pelaksanaan Padat Karya Tunai serta dana BLT dari dana desa.

“Semakin aktif anggota BPD menjalankan fungsi dan tugasnya semakin baik pula kinerja BPD dalam pemerintahan desa,” tuturnya.

Chairil menguraikan tiga fungsi BPD yang harus dijalankan anggotanya. Di antaranya membahas dan menyepakati Raperdes bersama kades, menampung dan menyalurkan apresiasi masyarakat desa dan melakukan pengawasan kinerja kades.

BPD, sambung Chairil, juga mempunyai peran menciptakan hubungan kerja yang harmonis dengan pemerintah desa dan lembaga desa lainnya dalam penyelenggaraan pemerintahan desa. Adapun yang dilantik pada meliputi BPD Desa Batuah, BPD Desa Tani Bakti, BPD Bukit Raya, BPD Bakungan, dan BPD Desa Ponoragan. (lan)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

POPULER

To Top