METROPOLIS

BPD Berperan Ciptakan Hubungan Harmonis dalam Pemerintahan Desa di Kutai Kartanegara

Plt Bupati Kukar Chairil Anwar (tengah) Foto bersama usai pelantikan BPD di Kecamatan Sebulu. (Foto: Humas Pemkab Kukar)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Badan Permusyawarahan Desa (BPD) berperan penting dalam menciptakan hubungan harmonis di lingkup pemerintahan desa yang ada di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Hal ini diungkapkan Plt Bupati Kukar Chairil Anwar dalam pelantikan anggota empat Badan Permusyawarahan Desa (BPD) periode 2020-2026, Rabu (2/12/2020).

Chairil melantik BPD di empat desa dari dua Kecamatan, meliputi BPD Desa Bunga Jadi dan Desa Panca Jaya, Kecamatan Muara Kaman, lalu BPD Manunggal Daya dan Mekar Jaya, Kecamatan Sebulu. Dalam pelantikan itu Chairil menyampaikan selamat menjalankan amanah kepada anggota BPD. Dalam hal ini BPD diharapkan mampu menjalankan fungsi dan tugasnya dengan baik.

Sebagai keterwakilan masyarakat, BPD harus mampu membahas dan menyepakati rancangan peraturan desa (Raperdes) bersama kepala desa (Kades). Menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa, juga melakukan pengawasan kinerja kades.

“BPD juga berperan menciptakan hubungan kerja yang harmonis dengan pemerintah desa dan lembaga desa lainnya dalam penyelenggaraan Pemerintahan Desa. Makin aktif anggota BPD menjalankan fungsi dan tugasnya, makin baik pula kinerja BPD dalam Pemerintahan Desa,” urai Chairil Anwar.

Dia meminta BPD melakukan koordinasi dengan kades dalam rangka membahas RPJMD Desa. Hal ini sebagai tindak lanjut amanat Menteri Desa PDTT, Menteri Keuangan, dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) terkait penanganan Covid-19 melalui APBDesa RKPDes 2021 dan sekaligus persiapan penyusunan APBDes 2021.

Chairil juga mengingatkan seluruh masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dengan baik dan benar pada Tanggal 9 Desember 2020. “Ingat gunakan hak pilih anda Tanggal 9 Desember 2020, Jangan Golput,“ tuturnya.

Adapun seluruh kegiatan pengambilan sumpah dan pelantikan anggota BPD dilaksanakan dengan tetap menjalankan protokol kesehatan dalam rangka pencegahan dan penyebaran Covid-19. (lan)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

BERITA TERBARU

To Top