NASIONAL

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Positif Tertular Covid-19

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: FB Anies Baswedan)

JAKARTA, Kate.id – Kepala daerah kembali tertular Covid-19. Kali ini bahkan menginfeksi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Melalui rekaman video, Selasa (1/12/2020), Anies mengumumkan bila dirinya positif tertular Covid-19. Dia dinyatakan positif berdasar hasil tes usap PCR yang keluar Selasa dini hari. Setelah Senin siang (30/11/2020) melakukan tes usap PCR di Balai Kota DKI Jakarta.

Diduga virus itu menularinya Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Patria yang sebelumnya dinyatakan positif Covid-19. Riza disebut tertular dari staf pribadi, yang terinfeksi melalui penyebaran klaster keluarga.

“Kondisi saya saat ini untuk menjadi perhatian. Covid-19 bisa mengenai siapa saja, maka kehati-hatian harus terus dijaga,” tutur Anies.

Alhasil, orang nomor satu di ibu kota Indonesia itu mesti melakoni isolasi mandiri selama dua pekan. Sebagaimana yang juga tengah dilakukan wakilnya, Riza Patria. Sama seperti Riza, Anies juga positif tertular dalam kondisi tanpa gejala.

“Isolasi mandiri akan saya lakukan di tempat yang terpisah dengan keluarga dan akan saya tinggali sendiri. Sementara keluarga akan tetap di kediaman pribadi,” terangnya.

Menariknya, Anies menegaskan bakal tetap bekerja memimpin ibu kota. Termasuk memimpin rapat-rapat yang telah dijadwalkan. Yang semuanya akan dilakukan secara virtual.

“Sejak Maret lalu kita sudah terbiasa bekerja secara virtual. Dan insyaallah tidak akan ada proses pengambilan kebijakan yang terganggu,” sebutnya.

Imbas penularan pada kepala daerah ini, telah dilakukan tes usap pada semua kontak erat. Baik keluarga maupun staf yang ada di kantor. Anies meminta siapapun yang pernah berinteraksi selama beberapa hari terakhir dengannya agar melakukan langkah-langkah yang diperlukan seperti isolasi mandiri atau tes usap PCR.

“Bagi siapapun yang pernah bertemu saya dalam beberapa hari terakhir, bisa kontak ke puskesmas terdekat untuk menjalani swab test. Tentu tim tracing dari Dinkes juga akan mendata dan menghubungi kontak erat saya. Seluruh prosedur terkait akan dijalankan,” ujarnya seraya mengingatkan masyarakat untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan. (luk)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

BERITA TERBARU

To Top