METROPOLIS

Diskominfo Kutai Kartanegara Gelar Penilaian dan Standardisasi E-Government

Suasana penilaian dan standardisasi e-government garapan Diskominfo Kukar, Selasa (1/12/2020). (Foto: Humas Pemkab Kukar)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Penilaian dan standardisasi e-government bagi perangkat daerah Kabupaten Kutai Kartenagara (Kukar) tahun 2020 digelar di Hotel Mercure Samarinda, Selasa (1/12/2020). Kegiatan yang dilaksanakan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kukar ini merupakan evaluasi performa pengembangan dan implementasi e-government di tingkat perangkat daerah.

Kepala Diskominfo Kukar Bahteramsyah menuturkan, evaluasi ini sebagai dasar penyusunan strategi pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Pemkab Kukar. Penilaian diikuti peserta dari perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Kukar, dengan menghadirkan asesor dari Diskominfo Provinsi Kaltim, Inspektorat Provinsi Kaltim serta akademisi dari Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda.

“Kegiatan dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 1 sampai 2 Desember 2020, dengan target penilaian kepada 30 OPD di lingkungan Pemkab Kukar,” jelas Bahteramsyah.

Dia berharap melalui hasil penilaian yang dilakukan oleh asesor tersebut, ke depan menghasilkan rekomendasi. Yang dapat dijadikan landasan bagi Pemkab Kukar dalam menyusun kebijakan maupun perencanaan dan penganggaran belanja TIK. Sehingga investasi dan implementasi TIK menjadi lebih efektif dan efisien.

Sementara, Asisten III Setkab Kukar Irfan Prananta yang membuka kegiatan menyatakan, pengembangan e-government merupakan upaya penyelenggaraan pemerintahan yang berbasis elektronik. Dalam rangka meningkatkan kualitas layanan publik secara efektif dan efisien.

Melalui pengembangan pemanfaatan teknologi informasi tersebut berdampak pada pengelolaan data, pengelolaan informasi, sistem manajemen dan proses kerja secara elektronis. Juga pemanfaatan kemajuan teknologi informasi agar pelayanan publik dapat diakses secara mudah dan murah oleh masyarakat diseluruh wilayah negara. (lan)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

POPULER

To Top