EKONOMI & BISNIS

Potensi Benih Lobster Indonesia Capai Puluhan Miliar Ekor Per Tahun

Ilustrasi benih lobster. (Foto: Agrina-Online)

JAKARTA, Kate.id – Potensi benih lobster alam di laut Indonesia sangat besar dan diperkirakan mencapai 20 miliar ekor per tahun. Seperti diungkapkan Peneliti Pusat Penelitian Oseanografi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Rianta Pratiwi.

“Faktor alam yang mencakup dinamika oseanografi dan klimatologi sangat mempengaruhi keberadaan dan stok benih lobster alam di laut Indonsia,” kata Rianta, Senin (30/11/2020).

Kata dia, kualitas lingkungan perairan laut dan aktivitas penangkapan juga ikut memberikan pengaruh terhadap keberadaan stok benih lobster di alam. Namun hingga saat ini hampir belum ada informasi yang memadai terkait faktor mana yang paling menentukan keberadaan dan stok benih lobster di alam.

Rianta membeberkan, lobster tersebar hampir di seluruh perairan Indonesia dan hidup di perairan dangkal hingga kedalaman 100 < 200 meter di bawah permukaan laut. Dengan kisaran suhu 20-30 derajat Celcius.

Indonesia diketahui memiliki tujuh jenis lobster. Lobster mutiara dan lobster pasir menjadi lobster yang paling potensial untuk dikembangkan melalui sistem budidaya perikanan yang ada di Indonesia.

“Sebenarnya pengembangan budi daya lobster sudah dilakukan Indonesia sejak lama. Akan tetapi memerlukan waktu pembesaran yang sangat lama, sehingga banyak yang tidak berhasil melakukannya,” sebut Rianta.

Pengembangan lobster ini, sambungnya, mesti dalam tata kelola perikanan dengan menjunjung tinggi prinsip tanggung jawab dan berkelanjutan. Supaya dapat mendukung kelestarian ekosistem perairan laut yang menjadi habitat benih lobster. (luk)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

POPULER

To Top