POLITIK

Disidak Wakil Rakyat, PDAM Muara Muntai Butuh Peremajaan Mesin

Komisi II DPRD Kukar saat melakukan sidak di PDAM Ranting Muara Muntai. (Foto: istimewa)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Komisi II DPRD Kutai Kartanegara (Kukar) melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke kantor dan ruang operasional mesin PDAM Tirta Mahakam (Tirma) Ranting Muara Muntai beberapa hari lalu. Sidak dilakukan sebagai tindak lanjut persoalan distribusi air bersih di Kecamatan Muara Muntai.

Dari sidak tersebut, terungkap bahwa saatnya PDAM Tirma melakukan peremajaan mesin di ranting Muara Muntai. “Pantas saja distribusi air bersih kurang lancar, karena mesinnya juga sudah tua, layak diganti yang baru,” ucap Anggota Komisi II DPRD Kukar, Sopan Sopian.

Mantan Kepala Desa (Kades) Muara Muntai Ulu ini menjelaskan, mesin yang dipakai PDAM Muara Muntai terbilang mesin lama. Dioperasikan sejak 1960 dan tidak pernah dilakukan peremajaan mesin. Karena itu dirinya menyarankan segera diganti dengan mesin yang baru.

“PDAM Tirma dapat penyertaan modal baru dari Pemkab Kukar. Dananya diharapkan untuk melakukan peremajaan mesin di kecamatan yang ada dihulu,” ujarnya.

Kata Sopan, peremajaan mesin PDAM sangat wajar dan sesuai kebutuhan. Apalagi melihat fakta di lapangan bahwa pelanggan di Muara Muntai sudah mencapai 1.500 lebih pelanggan. Kapasitas produksi mesin yang ada saat ini dianggap sudah tidak sesuai lagi.

“Yang dirugikan adalah pelanggan, air tidak lancar mengalir. Sedangkan pelanggan membayar tiap bulannya,” jelasnya.

Politisi Gerindra ini juga menyinggung jika ingin melakukan pengembangan jaringan distribusi air bersih, jangan hanya difokuskan ke daerah perkotaan saja. Sementara di daerah Hulu tidak diperhatikan.

“Jangan terus perhatian daerah perkotaan, kecamatan yang ada di Hulu mahakam juga membutuhkan dan mendambakan air bersih,” saran Sopian. (hik)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

BERITA TERBARU

To Top