METROPOLIS

Tingkatkan Kapasitas SDM, Pemkab Kutai Kartanegara Gelar Bimtek Kearsipan

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setkab Kukar Ahmad Taufik Hidayat (tengah) membuka bimtek kearsipan, Kamis (26/11/2020). (Foto: Humas Pemkab Kukar)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Pengelolaan arsip yang baik dan benar harus didukung oleh sumber daya manusia (SDM) yang baik pula. Karenanya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pejabat Unit Kearsipan II (UK-II) di Hotel Harris Samarinda, Kamis (26/11/2020).

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setkab Kukar Ahmad Taufik Hidayat mewakili Plt Bupati Kukar Chairil Anwar membuka bimtek tersebut. Chairil dalam sambutan yang dibacakan Ahmad Taufik menuturkan, perlu selalu ditingkatkan pengetahuan, kemampuan, kearsipan yang akan menjamin ketersediaan arsip yang autentik dan terpercaya.

“Sebagai alat bukti yang sah serta mendinamiskan penyelenggaraan kearsipan sebagai suatu sistem yang komperhensif dan terpadu,” sebut Ahmad Taufik yang juga Plt Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kukar.

Menurut dia, pengelolaan arsip yang tertib dapat terlihat jika tidak terdapat tumpukan arsip ruang kerja pegawai. Di meja kerja pegawai hanya ada arsip yang belum ditindaklanjuti.

“Maka dari itu kami ingatkan jangan sampai semua pegawai menjadi arsiparis, yaitu ketika pindah tugas atau pensiun, juga membawa arsip dinas yang tidak seharusnya dibawa berpindah atau pensiun,” tuturnya.

Karena itu diharapkan bimtek ini bisa dimanfaatkan optimal dalam menerapkan sistem kearsipan internal dan pengelolaan arsip yang baik.

Sejatinya bimtek ini pertama diperuntukkan pejabat dahulu. Tetapi karena ada sesuatu yang harus diselesaikan, maka bimtek digelar untuk anggota dari unit kearsipan terlebih dahulu. Sebanyak 58 orang mengikuti bimtek ini. (lan)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

BERITA TERBARU

To Top