WISATA

Situs Bersejarah Muara Kaman Punya Potensi Objek Wisata Budaya

Camat Muara Kaman Surya Agus. (Foto: Hik/Kate.id)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Kecamatan Muara Kaman, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) memiliki potensi objek wisata budaya. Lantaran di wilayah ini terdapat situs bersejarah peninggalan Kerajaan Kutai.

Camat Muara Kaman Surya Agus mengungkapkan, wilayahnya punya situs sejarah yang tidak boleh dilupakan. Situs Muara Kaman diketahui sebagai catatan sejarah kerajaan tertua di Indonesia. Untungnya saat ini, penelitian situs sejarah Muara Kaman masih dilanjutkan baik oleh pemerintah pusat dan daerah.

Karenanya, menurut Surya perlu dilakukan berbagai upaya agar objek wisata di Muara Kaman makin banyak pengunjung.

“Situs yang masih ada hendaknya dilakukan penataan kembali. Untuk menata ini, kami di kecamatan tidak bisa melakukannya sendiri, harus dapat dukungan berbagai pihak. Agar situs yang masih tersisa bisa dipelihara, ” ucapnya.

Surya berharap benda budaya orisinal tujuh Batu Yupa yang dahulu ada di Muara Kaman bisa dikembalikan ke Museum Yupa Muara Kaman. Pasalnya saat ini yang ada hanyalah replika. Tidak kalah penting, infrastruktur di kawasan situs bersejarah Muara Kaman juga harus dibenahi.

Dijelaskan, untuk jalan dari wilayah SP Sebulu sampai Muara Kaman yang masuk jalan provinsi kondisinya cukup memperihatinkan. Karenanya Surya berharap Anggota DPRD Kaltim asal daerah pemilihan (dapil) Kukar bisa memperjuangkan perbaikan jalan tersebut karena sangat penting demi kemajuan pariwisata Muara Kaman.

“Kalau akses jalan bagus, kami yakin ada kenyamanan tersendiri mengunjungi Muara Kaman. Ini bisa mendongkrak kunjungan wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara,” ucapnya.

Surya Agus sangat yakin jika tingkat kunjungan wisata semakin banyak ke wilayahnya, maka pertumbuhan ekonomi masyarakat pasti cepat dan pesat. (hik)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

BERITA TERBARU

To Top