POLITIK

Ketua DPRD Kutai Kartanegara Tegaskan Pancasila Pemersatu Bangsa

Ketua DPRD Kukar Abdul Rasid saat menjadi narasumber. (Foto: Hik/Kate.id)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Pancasila adalah pemersatu bangsa. Hal ini ditegaskan Ketua DPRD Kutai Kartanegara (Kukar) Abdul Rasid ketika didaulat menjadi narasumber pelatihan peningkatan bela negara dan wawasan kebangsaan bagi pemuda garapan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kukar, Selasa(24/11/2020).

Dalam acara di Hotel Grand Elty Tenggarong itu, Rasid mengisi materi dasar-dasar Ideologi Pancasila. Dia menyampaikan, Pancasila sebagai ideologi negara dari makna gagasan atau cita-cita. Namun bisa bisa juga diartikan sebagai landasan menyangkut aspek kehidupan bermasyarakat.

“Ada lagi namanya ideologi negara, atau ideologi yang dilembagakan,” ucapnya.

Ketua Golkar Kukar ini juga menyebut, Pancasila didasari konsensus politik dan nilai-nilai kebudayaan. Yang terbentuk dari nilai-nilai normatif penyelenggara negara dan masyarakat indonesia. Cita-cita Pancasila termuat di lima sila tersebut, agar menjadi masyarakat yang berketuhanan, berkemanusiaan, persatuan, kerakyatan dan keadilan.

“Pancasila adalah pemersatu bangsa, kita harus yakini itu,” terang Rasid.

Rasid yang pernah menjabat Ketua KONI Kukar ini menambahkan, dalam penerapan Undang-undang juga tidak boleh berseberangan dan melawan Pancasila. Fungsi idologi Pancasila adalah membentuk identitas pribadi dan kelompok, sebagai pemersatu indonesia. Bagaimana mampu mencegah konflik horizontal ditengah masyarakat, dengan membentuk solidaritas kebersamaan.

“Tingkat kerawanan rakyat indonesia yang multietnis ini mudah terpecah belah. Ini harus dijaga baik, dengan menghindari ajakan provokasi dan mencegah penyebaran berita hoaks,” paparnya. (hik)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

BERITA TERBARU

To Top