EKONOMI & BISNIS

Distanak Kutai Kartanegara Bantu Ribuan Hand Sprayer untuk Petani

Kepala Distanak Kukar Sutikno.

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Kepedulian terhadap petani terus ditunjukkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak). Terbaru, Distanak Kukar membantu pengadaan tiga ribu hand sprayer untuk para petani di Tenggarong Seberang.

Bantuan ini dilatarbelakangi potensi pertanian yang besar di Kukar, khususnya di Tenggarong Seberang. Karena itu bantuan ini ditujukan menunjang pertanian.

“Kuota bantuan hand sprayer untuk tenggarong seberang sebanyak tiga ribu unit, dari total 7.246 unit yang kami beli melalui APBD Perubahan 2020,” ucap Kepala Distanak Kukar Sutikno.

Diakui bila belum semua barang tersebut terdistribusikan ke tangan petani. Pasalnya masih ada yang tengah dalam proses pengadaan barang, karena melalui proses e-katalog. Namun dia optimistis pengadaan hand sprayer tersebut bakal selesai.

“Ini pengadaannya berproses terus, mudah-mudahan tidak ada kendala yang berarti,” ucap Sutikno.

Menurut dia, proses lamanya pengadaan barang tersebut karena penganggarannya dalam APBD Perubahan. Sedangkan Plt Bupati Kukar baru mendapatkan izin dari pusat mendekati akhir Oktober 2020.

“Daftar Penyedia Anggaran (DPA) saja baru bisa ditandatangani akhir oktober. Kami berharap masyarakat bisa bersabar menunggu bantuannya datang,” paparnya.

Sutikno berpesan kepada para petani untuk meminimalisasi penggunaan bahan kimia yang berlebihan dalam hal pengembangan pertanian. Agar hasil pertanian yang diharapkan makin sehat.

“Salah satu faktor yang klasik dari pengembangan pertanian di Kalimantan adalah tingkat keasaman tanah. Makanya kami juga membantu kapur penetral keasaman tanah ke masyakat, ” tandasnya. (hik)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

BERITA TERBARU

To Top