KESEHATAN

Pemakaman Pasien Covid-19 di Kutai Kartanegara Dipastikan Aman

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kukar sekaligus Koordinator Relawan Satgas Penanganan Covid-19 Aspianur Sandi. (Foto: Humas Pemkab Kukar)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Pemakaman pasien Covid-19 yang meninggal dunia di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dipastikan dilakukan sesuai prosedur keamanan. Karenanya Badan Penanggulangan Bendana Daerah (BPBD) Kukar meminta masyarakat tidak perlu khawatir terhadap potensi penyebaran virus tersebut dari pemakaman.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kukar Aspianur Sandi menjelaskan, proses pemakaman telah mengikuti standar organisasi kesehatan WHO. Meliputi kedalaman makam, jarak makam, hingga durasi waktu pemakaman. Petugas yang memakamkan pun mengenakan alat pelindung diri (APD) lengkap.

“Standarnya sama lengkap dari face shield, baju hazmat sendiri, latex gloves, itu yang kami kenakan. Ada beberapa bahan sih, tergantung stok APD yang kami miliki,” ungkap Aspianur dalam podcast ‘Mbahas Kesah Corona’ yang disiarkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar, Kamis (26/11/2020).

Lokasi pemakamannya pun telah ditetapkan secara khusus. Untuk di Tenggarong misalnya, Aspiandi menyebut lokasi yang telah ditetapkan pemerintah dan Satgas Covid-19 yaitu di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Sido Rukun yang jauh dari permukiman. Namun sebenarnya pemakamannya tetap aman dan tidak ada masalah sekalipun dilakukan di TPU lainnya.

“Dipulasarakan juga sesuai dengan standar Kemenkes (Kementerian Kesehatan, Red.), fatwa MUI (Majelis Ulama Indonesia, Red.), itu juga sudah aman bagi lingkungan sekitarnya. Memang ada jarak-jarak tertentu ya minimal 50 meter dari sumber air,” beber Aspiandi.

“Kami melakukan pemakaman secara protokol Covid-19 itu tidak hanya untuk mengamankan anggota dan petugas kita, tetapi juga mengamankan warga sekitarnya,” tambah Koordinator Relawan Satgas Penanganan Covid-19 ini. (lan)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

POPULER

To Top