WISATA

Tiga Objek Wisata Kutai Kartanegara Masuk Penilaian Panji Keberhasilan

Plt Kadispar Kukar Thauhid AN. (Foto: hik/Kate.id)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Dinas Pariwisata (Dispar) Kutai Kartanegara (Kukar) menyodorkan tiga objek pariwisata untuk dilakukan penilaian oleh tim dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim yang diketuai Tenaga Ahli Gubernur Kaltim Prof Abdul Rahim. Tujuannya guna meraih panji keberhasilan sektor pariwisata dari Pemprov Kaltim.

“Kami sodorkan tiga objek pariwisata di Tenggarong yang dikelola swasta, yaitu Lamin Pokant Takaq loa ipuh, Ladang Budaya (Ladaya) Lanjong Mangkurawang, dan Taman Kembang Jaong Loa Ipuh Darat,” ucap Plt Kadispar Thauhid Afrilian Noor.

Thauhid memberikan alasan ketiganya disodorkan karena objek wisata yang dikelola pemerintah daerah masih tutup total imbas Covid-19. Kedua, objek wisata yang dikelola swasta saat ini sedang berkembang.

“Jika Kukar meraih panji keberhasilan sektor pariwisata tingkat Kaltim, maka ketiga objek tersebut akan makin ramai pengunjung, ” jelasnya.

Taman Wisata Kembang Jaong, Dusun Bensamar Tenggarong.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai Professor Abdul Rahim menuturkan sejumlah kriteria penilaian. Meliputi penataan tempat dan wahana, dampak sosial ekonomi kemasyarakat dari keberadaan objek wisata, dan komitmen pengelola terhadap perekrutan tenaga kerja lokal, hingga program inovatif yang ditawarkan pengelola.

“Itu semua jadi penilaian kami dan akan dibandingkan dengan kabupaten/kota lainnya di Kaltim,” ucapnya.

Dijelaskan untuk Kukar yang masuk kategori kabupaten, terdapat kemiripan dengan Berau. Namun penilaian akan berlanjut terus dan tim masih belum bisa menyimpulkan. Karena masih ada dua kabupaten yang belum dilakukan penilaian yaitu Kutai Barat (Kubar) dan Mahakam Hulu (Mahulu).

“Penilaian di Kubar dan Mahulu akan dilakukan penilaian sesuai kondisional. Peraih panji keberhasilan pariwisata akan diumumkan saat puncak HUT Kaltim 9 Januari 2021 mendatang, ” tegas Abdul Rahim. (hik)

Editor: Lukman M Fathony|

Comments

BERITA TERBARU

To Top