HUKUM & KRIMINAL

Baru Pulang dari Hawaii, Menteri KKP Edhy Prabowo Ditangkap KPK

Menteri KKP RI Edhy Prabowo. (Foto: FB Edhy Prabowo)

JAKARTA, Kate.id – Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Kabinet Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Rabu (25/11/2020) dini hari. Edhy ditangkap ketika menginjakkan kaki di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, usai dari Honolulu, Hawaii, Amerika Serikat.

Ketua KPK Firli Bahuri menjelaskan, Edhy ditangkap lantaran diduga terlibat korupsi dalam penetapan izin ekspor baby lobster. “Tadi malam Menteri Kelautan dan Perikanan diamankan KPK di Bandara 3 Soetta saat kembali dari Honolulu,” bebernya.

Saat ini, lanjut Firli, politikus Partai Gerindra tersebut sedang menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta. “Sekarang beliau di KPK untuk dimintai keterangan, nanti akan disampaikan penjelasan resmi KPK. Mohon kita beri waktu tim Kedeputian Penindakan bekerja dulu,” sambungnya.

KPK juga menangkap keluarga Edhy Prabowo, yaitu istrinya yang juga Anggota Komisi V DPR R, Iis Rosita Dewi. Penyidik KPK Novel Baswedan dikabarkan memimpin penangkapan Edhy tersebut.

Edhy Prabowo adalah politikus Indonesia yang berasal dari Partai Gerindra. Edhy saat ini menjabat sebagai Menteri KKP sejak 23 Oktober 2019 pada Kabinet Indonesia Maju Jokowi-Ma’ruf. Dia pernah menjabat sebagai Ketua Komisi IV DPR dan Ketua Fraksi Gerindra di MPR RI periode 2014-2019.

Edhy merupakan orang kepercayaan Prabowo. Dia mendampingi jenderal bintang tiga tersebut saat berdomisili di Jerman dan Yordania. Kala itu, Prabowo tengah merintis usaha di negeri tersebut. (luk)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

BERITA TERBARU

To Top