METROPOLIS

Kades dan BPD di Kutai Kartanegara Mesti Bersama Tetapkan Raperdes

Suasana pelantikan BPD Muara Wis dan BPD Sebemban, Selasa (24/11/2020). (Foto: Humas Pemkab Kukar)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Kepala Desa (Kades) bersama Badan Permusyawarahan Desa (BPD) di Kutai Kartanegara (Kukar) diharapkan duduk bersama membahas rancangan peraturan desa (raperdes). Hal ini diingatkan kembali oleh Plt Bupati Kukar Chairil Anwar saat melantik anggota BPD Desa Muara Wis dan Desa Sebemban, Kecamatan Muara Wis, Selasa (24/11/2020).

Chairil menegaskan kembali tiga fungsi BPD sesuai dengan Undang-Undang (UU) Desa. Meliputi tugas membahas dan menyepakati Raperdes bersama dengan kades, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa, serta melakukan pengawasan kinerja desa.

“Berkaitan dengan regulasi tersebut. Saya harap Kades bersama Anggota BPD yang baru dilantik bisa duduk bersama menetapkan Raperdes untuk tahun 2021,” tuturnya.

Chairil turut meminta ketika pada saat duduk bersama itu untuk tidak menonjolkan ego masing-masing. Melainkan mendahulukan kebutuhan masyarakat lantaran fungsi BPD adalah menampung dan meyalurkan aspirasi masyarakat.

Pun begitu BPD mempunyai kewajiban mengawasi jalannya pemerintahan desa dengan tetap berada dalam koridornya yaitu raperdes. Yang tak kalah penting lagi yaitu dalam masa kebiasaan baru pandemi Covid-19, setiap kegiatan tetap harus mengacu dengan protokol kesehatan.

“Bagi masyarakat yang melanggar protokol kesehatan seperti tak memakai masker juga berkerumun maka nantinya akan diproses oleh pihak yang berwajib,” sebut Chairil. (lan)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

BERITA TERBARU

To Top