WISATA

Objek Wisata Kembang Jaong di Tenggarong Makin Berkembang

Objek wisata kembang jaong tenggarong. (Foto: Hik/Kate.id)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Objek wisata Kembang Jaong yang berlokasi di Dusun Bensamar Kelurahan Loa Ipuh Darat, Kecamatan Tenggarong, Kutai Kartanegara (Kukar) makin berkembang. Bahkan bisa dikatakan objek wisata yang beroperasi sejak 15 Desember 2019 ini menjadi primadona di Tenggarong.

Pemilik Kembang Jaong Erwin Junaidi bercerita, objek wisata di atas lahan seluas 1,9 hektare ini diresmikan oleh Camat Tenggarong Arfan Boma. Awalnya, lahan tersebut merupakan area perkebunan berbagai macam buah-buahan. Dan juga tempat penanaman kembang jaong atau kecombrang.

“Akhirnya kami mendapatkan saran dari pemerintah, bagusnya lahan dijadikan taman wisata. Mengingat Dusun Bemsamar merupakan Dusun kutai tertua di Tenggarong, yang pastinya bakal dikunjungi wisatawan,” ucap Erwin kepada Kate.id.

Di area tersebut Erwin menanam pohon rambutan mangga jeruk lemon dan durian yang menjadi daya tarik pengunjung Kembang Jaong. Namun belum masuk musim panen sehingga pengunjung tidak bisa merasakan buah yang dia tanam.

Objek wisata kembang jaong tenggarong. (Foto: Hik/Kate.id)

Erwin berkomitmen selama beroperasinya Kembang Jaong bakal melibatkan warga lokal Dusun Bensamar. Makanya dia merekrut tujuh orang karyawan yang semuanya warga Bensamar.

“Bahkan yang berjualan disini, semuanya orang Bemsamar. Saya tidak mau orang lokal tidak merasakan dampak dari objek wisata ini,” paparnya.

Untuk tingkat kunjungan wisatawan ke kembang jaong, sambung Erwin, tiap hari mencapai 100 sampai 200 pengunjung. Sedangkan untuk hari libur tingkat kunjungan meningkat sebanyak 500-1.000 pengunjung.

“Kembang Jaong akan dikembangkan terus. Saat ini pengembangan baru 70 persen, selanjutnya akan ditambah wahana lainnya,” ucapnya. (hik)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

BERITA TERBARU

To Top