EKONOMI & BISNIS

Belasan Peserta Ikuti Pemilihan Wirausaha Muda Pemula Berprestasi Kutai Kartanegara

Kepala Bidang Kewirausahaan Kepemudaan dan Kepramukaan Dispora Kukar Aji Ali Husni. (Foto: istimewa)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Belasan peserta telah mendaftar Pemilihan Wirausaha Muda Pemula Berprestasi (WMPB) tingkat Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Hingga pendaftaran ditutup pada 13 November lalu, telah ada 12 peserta yang mendaftar dari berbagai kecamatan di Kukar.

Kepala Bidang Kewirausahaan Kepemudaan dan Kepramukaan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kukar Aji Ali Husni menjelaskan, setelah masa pendaftaran ini, berikutnya digelar tahapan seleksi berkas. Seleksi berkas dari 16 sampai 20 November 2020.

Diuraikan, terdapat sepuluh peserta dari Tenggarong, sisanya masing-masing satu peserta dari Kecamatan Sanga-Sanga dan Muara Jawa. “Semuanya masuk kategori industri kreatif,” terang Aji Ali.

Setelah tahap seleksi berkas selesai, berikutnya dilakukan survei lapangan pada 23 sampai 30 November. Ini perlu dilakukan demi mengetahui kondisi riil serta kejelasan usaha sesuai proposal yang diajukan.

“Jadi kami ingin melihat langsung kondisi usaha mereka di lapangan,” jelas Aji Ali.

Kemudian di 1 Desember diumumkan hasil seleksi tersebut. Lalu 2 dan 3 Desember, peserta mempresentasikan atau wawancara, guna menjelaskan usaha yang digeluti. Meliputi tujuan, visi misi, pencatatan keuangan serta penjualan.

“Peserta akan presentasi usaha mereka di depan 5 juri yang sudah ditunjuk Dispora,” sebut Aji Ali.

Kelima Juri tersebut berasal dari Dispora, dua orang tenaga ahli WPM, akademisi dan Kabid PKP Diskominfo Kukar Ahmad Rianto. Bagi peserta yang lolos terbaik mendapat uang pembinaan senilai Rp 30 juta. Selain itu juga bakal diikutsertakan dalam lomba serupa di tingkat provinsi dan nasional. (lan)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

BERITA TERBARU

To Top