WISATA

Pondok Jambu di Bendang Raya Jadi Pilihan Agrowisata Kutai Kartanegara

Salah seorang pengunjung Pondok Jambu tengah berswafoto memetik jambu. (Foto: IG pondokjambu.tgr)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Wisata pertanian atau agrowisata terus tumbuh berkembang di Kutai Kartanegara Kukar). Salah satunya Pondok Jambu di Desa Bendang Raya, Tenggarong, Kukar. Agrowisata ini menyuguhkan tempat piknik keluarga di tengah-tengah kebun jambu.

Saiful selaku pemilik kebun menuturkan, awal merintis Pondok Jambu tatkala ada instruksi gubernur untuk menanam singkong gajah. Kala itu ada program mengganti “emas hitam” jadi “emas putih”.

“Keluar batu bara habis, kita tanam singkong. Bertepatan katanya waktu itu sudah dapat bantuan dari provinsi untuk delapan desa mendapat pabrik (singkong). Itulah awalnya kami masuk ke Desa Bendang Raya, membeli lahan, menanam itu,” ungkap Saiful kepada TPID Tenggarong.

Namun setelah singkong ditanam dan panen, ternyata pabrik belum juga ada dibangun. Lantaran harga singkong kala itu begitu murah. Alhasil karena sudah terlanjut berkebun di Bendang Raya, Saiful pun banting setir dengan menanam jambu. Kata dia, ide menanam jambu terinspirasi dari Lampung.

“Di Lampung itu orang punya sawit. Karena sawit waktu itu jatuh harga, sawit ditebang, orang sana menanam jambu. Itulah yang kami contoh, kami ikuti. Akhirnya kami coba juga di sini. Kami karena gagal dengan singkong, kami coba ini, alhamdulillah sampai sekarang,” urainya.

Panen jambu di Pondok Jambu Bendang Raya. (foto: IG @pondokjambu.tgr)

Karena suasana alami serta keunikan yang dimiliki, Pondok Jambu ini lantas banyak dijadikan spot foto dan lantas viral. Sejak viral, Pondok Jambu terus ramai dikunjungi wisatawan lokal. Para pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk dan bisa menikmati sepuasnya berbagai aneka jambu langsung di kebunnya.

“Kami sekarang ini kurang lebih ada 400 pohon. Ada ibu-ibu datang makan jambu di sini, tetapi (fotonya) dimasukkan ke facebook, akhirnya dibaca orang-orang. Akhirnya orang-orang mereka datang dengan sendirinya,” beber Saiful.

Para pengunjung, sambungnya, berasal dari berbagai daerah di Kaltim. Ada yang dari Samarinda, Tenggarong, Sebulu, Teluk Dalam, juga dari Jonggon. Para pengunjung ini disebut Saiful terus berdatangan.

Kini Pondok Jambu tengah memasuki musim panen. Walaupun tidak serentak berbuah, tetapi ketika pengunjung bisa membawa buah jambu sebagai oleh-oleh. Dengan adanya Pondok Jambu diharapkan dapat menambah pendapatan. Tidak hanya pengelola, tetapi juga masyarakat di sekitar lokasi wisata ini. (lan)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

BERITA TERBARU

To Top