EKONOMI & BISNIS

Plt Bupati Kutai Kartanegara Ajak Sarjana Pertanian Membangun Desa

Plt Bupati Kukar Chairil Anwar. (Foto: Humas Pemkab Kukar)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Potensi pertanian Kutai Kartanegara (Kukar) sangat besar, namun belum tergarap maksimal. Untuk itu Plt Bupati Kukar Chairil Anwar mengajak sarjana pertanian Kukar untuk membangun desa di sektor pertanian. Guna percepatan produksi pertanian, pemakaian alat mekanis modern akan difokuskan.

“Pemkab Kukar masih fokus pengembangan pertanian dalam arti luas. Sangat membutuhkan tenaga dan pikiran sarjana pertanian,” papar Chairil Anwar belum lama ini.

Dia menambahkan, potensi pertanian Kukar tersebar di beberapa Kecamatan dan masih banyak lahan tidur yang belum tergarap. Pengembangan lahan tidur sebagai upaya mendukung program ketahanan pangan di Kukar.

“Program ketahanan pangan harus diwujudkan, sebagai upaya pendukung ibu kota negara (IKN) baru di Kukar. Saya optimistis IKN terwujud, ” jelasnya.

Chairil memastikan, pemkab Kukar juga menargetkan produksi pertanian akan ditingkatkan lagi. Dari masa panen setahun dua kali menjadi setahun tiga kali, masa panen tiga dalam setahun akan ditingkatkan menjadi empat kali. Dia memberikan tips akan melakukan percepatan dengan mekanisasi pertanian menggunakan alat pertanian modern.

Chairil juga bersyukur Kukar masih terkenal sebagai lumbung pangan di Kaltim. Kukar sebagai penyumbang pangan pada beberapa kabupaten/kota di Kaltim. Walau ada sebagian pangan yang masih harus didatangkan dari Jawa dan Sulawesi.

“Makanya, kami gugah sarjana pertanian ke desa, guna mendukung mekanisasi atau modernisasi pertanian. Ini bisa dilakukan sarjana pertanian,” tandasnya. (hik)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

POPULER

To Top