OLAHRAGA

Pemkab Kutai Kartanegara Tegaskan Atlet Lokal Harus Jadi Prioritas

Plt Bupati Kukar saat menghadiri pelantikan KOK Marangkayu, Jumat (20/11/2020). (Foto: Humas Pemkab Kukar)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) menegaskan atlet lokal daerah harus diprioritaskan mengikuti laga olahraga. Dalam hal ini Plt Bupati Kukar Chairil Anwar menegaskan bila pemkab mendukung pengembangan olahraga di 18 kecamatan yang ada.

“Ke depan harus mengandalkan atlet lokal daerah untuk berlaga di tingkat Kabupaten. Tidak ada lagi atlet dari luar daerah masuk sebagai atlet daerah,” sebut Chairil saat menghadiri pelantikan Koordinator Olahraga Kecamatan (KOK) Marangkayu, di BPU Kecamatan Marangkayu, Jumat (20/11/2020).

Menurut dia, mengembangkan olahraga yang sudah merakyat merupakan tugas penting bagi pengurus KOK. Pasalnya dengan membina dan mengembangkan cabang olahraga yang sudah menjadi bagian di masyarakat, bisa melahirkan atlet berbakat. Yang akan menjadi andalan setiap kecamatan.

Lebih lanjut Chairil mengurai, cabang olahraga yang sudah berkembang di masyarakat di setiap kecamatan berbeda-beda. Hal ini sesuai kondisi daerahnya masing-masing. Di Marangkayu misalnya, salah satu cabang olahraga yang sudah digeluti masyarakat adalah sepak takraw.

Olahraga ini sudah banyak dikenal masyarakat, tinggal mengarahkan dan membina. Supaya atlet yang ada bisa terus berkembang. Begitu pula dengan cabang olahraga lainnya yang sudah banyak dikenal masyarakat.

Karena itu Chairil mengharapkan KOK Marangkayu tidak pernah putus koordinasi dengan KONI Kabupaten Kukar. Tujuannya agar perkembangan olahraga disetiap daerah bisa terdata dengan baik.

Menanggapi pernyataan plt bupati, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Kukar M Rahman siap berupaya maksimal. Supaya manajemen pembinaan berjalan dengan baik di 52 cabang olahraga (cabor) yang ada di Kukar.

Dalam hal ini pihaknya terus memantau 52 cabor yang ada di bawah naungan KONI Kukar. Sehingga program ke depan bisa berjalan lancar. Sementara untuk KOK yang ada di setiap kecamatan, diharapkan bisa selalu aktif di masyarakat. (lan)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

BERITA TERBARU

To Top