METROPOLIS

Dishub Kutai Kartanegara Bangun Dermaga Ponton Bantu Nelayan di Semayang

Dermaga Ponton desa Semayang yang telah selesai dibangun. (Foto: Dishub Kukar)

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Dinas Perhubungan (Dishub) selalu berupaya memenuhi fasilitas transportasi yang layak bagi masyarakat. Bukan hanya pada sisi perhubungan darat, namun juga pada transportasi di perairan sungai.

Pemenuhan failitas transportasi ini sesuai Rencana Strategis (Renstra) Dishub Kukar Tahun 2016-2021. Dalam renstra disebutkan, tujuan pelayanan jangka menengah adalah menyediakan prasarana dan fasilitas perhubungan. Guna meningkatkan aksesibilitas antar wilayah dan meningkatkan kualitas pelayanan perhubungan.

Pemenuhan fasilitas transportasi ini tampak di Desa Semayang, Kecamatan Kenohan. Desa Semayang merupakan salah satu wilayah yang sebagian besar aktivitas masyarakatnya berada di atas perairan danau.

Sehingga masyarakat sangat memerlukan fasilitas dermaga apung (ponton) yang memadai guna menunjang kegiatan sehari-hari. Terutama bagi para nelayan yang mana merupakan mata pencarian pokok warga Desa Semayang.

Foto bersama Kadis Perhubungan, Tim PHO serta Kades Semayang. (Foto: Dishub Kukar)

Karenanya Jumat (20/11/2020) dilaksanakan pemeriksaan akhir pekerjaan Dermaga Ponton di Desa Semayang. Pemeriksaan ini dilakukan tim PHO, disaksikan langsung Kepala Dishub Kukar, Heldiansyah didampingi Kepala Desa (Kades) Semayang Robi Salam dan Kasie Sarpras Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan (ASDP) M Fatwa.

Dalam kesempatan tersebut, Heldiansyah berpesan agar Dermaga Ponton yang telah selesai pekerjaannya ini dapat dipergunakan secara maksimal oleh masyarakat Desa Semayang. Sehingga dapat menunjang aktivitas warga sehari-hari.

“Selanjutnya agar Pemerintah Desa Semayang beserta seluruh masyarakat dapat mengawasi keberadaan sarana-prasarana ini serta merawatnya sehingga tetap terjaga dan terpelihara,” tuturnya.

Penyediaan dermaga ponton Desa Semayang ini sendiri merupakan program kerja bidang ASDP. Pelaksanaannya dibiayai melalui APBD Kukar tahun anggaran 2020. (lan)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

BERITA TERBARU

To Top