METROPOLIS

Plt Bupati Kutai Kartanegara Apresiasi Deklarasi Damai Jelang Pilkada

Plt Bupati Kukar Chairil Anwar (tengah) dalam kegiatan deklarasi damai, Kamis (19/11/2020). (Foto: Humas Pemkab Kukar)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Gagasan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) yang berkomitmen menciptakan suasana ketentraman dengan ditandai deklarasi damai mendapat apresiasi Plt Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Chairil Anwar. Apalagi deklarasi damai ini dilakukan bersama seluruh unsur tokoh agama, paguyuban, etnis, dan suku yang ada di Kukar, Kamis (19/11/2020).

”Saya mengapresiasi atas apa yang digagas FPK, bersama berkomitmen menjaga keamanan dan ketentraman di Kukar melalui deklarasi damai. Terlebih menjelang Pilkada serentak 9 Desember 2020 mendatang,” tutur Chairil Anwar dalam seminar kebangsaan ditandai deklarasi damai di Pendopo Odah Etam, Tenggarong.

Kata dia, kegiatan tersebut sangat penting dengan berkumpulnya forum-forum kerukunan. Seperti Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), dan FPK yang menjadi media bagi seluruh etnis dan agama berhimpun menyikapi persoalan bangsa serta memberi sumbangsih terhadap pembangunan daerah.

”Saya berharap seluruh perwakilan suku yang ada di Kukar agar tidak mudah terprovokasi pada isu-isu berita hoaks dan kampanye hitam. Mari bergandengan tangan untuk membangun, menjaga, dan membela Kukar menjadi Kabupaten yang maju, aman dan makmur,” ajak Chairil.

Menurut dia, tantangan yang dihadapi saat ini semakin kompleks. Terlebih kemudahan dan kecanggihan akses digitalisasi internet yang telah mengubah lanskap politik, ekonomi dan sosial budaya.

”Artinya saat ini dengan mudahnya kita diadu domba melalui media sosial. Sehingga muncul konflik antar suku, agama maupun konflik yang melatarbelakangi permasalahan lainnya. Seperti lahan, tanah adat, kesempatan bekerja dan lain sebagainya. Untuk itu saya mengajak agar tetap menjaga kedamaian dan ketentraman,” tegas Chairil. (lan)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

BERITA TERBARU

To Top