EKONOMI & BISNIS

Pemdes Sungai Payang Punya Pabrik Pupuk Kompos Kapasitas Produksi 300 Ton

Pabrik Kompos Limbah Sawit di desa Sungai Payang Kecamatan Loa Kulu. (Foto: Istimewa)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Pemerintah Desa (Pemdes) Sungai Payang Kecamatan Loa Kulu memiliki pabrik pupuk kompos berbahan dasar limbah cangkang sawit berskala besar. Dengan kapasitas produksi mencapai 300 ton per bulannya bahkan bisa ditingkatkan lagi.

“Pabriknya sudah ada, mesin pengolahanya juga sudah tersedia,” kata Kepala Desa (Kades) Sungai Payang Rusdin, Selasa (17/11/2020) sore.

Rusdin bercerita saat ini pabrik belum bisa memproduksi pupuk kompos secara massal. Karena masih menunggu uji laboratorium kelayakan pupuk guna dijual dipasaran yang sesuai standar untuk pertanian dan perkebunan.

“Cangkang sawit dicampur pupuk kandang serta bahan lainnya, sehingga menjadi pupuk yang bagus untuk pertanian,” ujarnya.

Untuk bahan dasarnya berupa limbah sawit, sebut Rusdin aman saja pasokannya. Diambil dari perusahaan sawit yang ada sekitar. Untuk tahap awal produksi mencapai 300 ton per bulannya. Dan masih bisa ditingkatkan produksinya mencapai seribu per bulannya.

“Target kami Januari 2021 sudah produksi. Karena permintaannya sudah ada yang masuk saat ini, dari berbagai perusahaan tambang untuk keperluan reklamasi dan revegetasi lahan eks tambang batu bara yang ada di Loa Kulu,” papar Rusdin. (hik)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

BERITA TERBARU

To Top