EKONOMI & BISNIS

Pembibitan Ikan Mas Koi di Loa Lepu Terkenal hingga ke Jawa

Kades Loa Lepu, Sumali. (Foto: Hik/Kate.id)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Kutai Kartanegara (Kukar) menyimpan potensi yang belum banyak diketahui publik. Salah satunya pembibitan ikan mas koi yang sudah terkenal hingga ke Pulau Jawa.

Pembibitan ikan koi ini berada di Desa Loa Lepu, Kecamatan Tenggarong Seberang. Diketahui Loa Lepu memang akan difokuskan untuk pengembangan pertanian dalam arti luas.

“Pengembangan bibit Koi ini sudah berlangsung selama lima tahun, memang tidak terekspos sehingga banyak yang belum tahu,” ujar Kepala Desa (Kades) Loa Lepu, Sumali, beberapa hari yang lalu.

Dia menambahkan, pembibitan ikan mas Koi terkenal sampai keluar Kaltim karena pembeli bibit ikan koi rata-rata dari Jawa. Selain pengembangan ikan Koi, pada lahan yang digarap oleh kelompok pembudidaya ikan tersebut juga terdapat pengembangan ikan air tawar jenis lele, nila, dan mas.

“Di atas lahan hampir dua hektare ini terdiri dari beberapa kolam ikan air tawar. Dengan kapasitas produksi ikan mencapai lima ton,” jelas Sumali.

Tempat budidaya ikan tersebut, sambungnya, sudah sesuai standar karena sudah memperoleh sertifikat dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kukar. Lokasinya sangat strategis, berbatasan dengan ibu kota Kukar yaitu Kecamatan Tenggarong dan jarak dengan ibu kota Kaltim, Kota Samarinda.

“Saya yakin budidaya ikan di areal ini akan makin berkembang. Dan perekonomian masyarakat juga akan makin bergeliat,” tutur Sumali. (hik)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

BERITA TERBARU

To Top