METROPOLIS

Kesbangpol Kutai Kartanegara Gelar Rakor Aparatur Jelang Pilkada

Suasana rapat koordinasi rakor Badan Kesbangpol Kukar aparatur pemerintah yang dibuka Asisten I Pemkab Kukar Akhmad Taufik Hidayat, di Pendopo Wakil Bupati Kukar, Jumat (20/11/2020). (Foto: Humas Pemkab Kukar)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar rapat koordinasi (rakor) aparatur pemerintah yang dibuka Asisten I Pemkab Kukar Akhmad Taufik Hidayat, di Pendopo Wakil Bupati Kukar, Jumat (20/11/2020). Rakor ini dalam rangka persiapan pemilihan kepala daerah serentak tanggal 9 Desember 2020.

Narasumber yang hadir dari akademisi Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kukar serta lurah, kades, kepala UPT dan LPM se-Kecamatan Tenggarong tersebut. Turut hadir Kepala Kesbangpol Kukar Rinda Desianti dan Camat Tenggarong Arfan Boma.

Asisten I Pemkab Kukar Akhmad Taufik Hidayat saat membacakan sambutan Plt Bupati Kukar Chairil Anwar mengatakan, penyelenggaraan pemilu secara berkala merupakan suatu kebutuhan mutlak. Sebagai sarana demokrasi yang menjadikan kedaulatan rakyat sebagai sumber kehidupan bernegara.

Menurutnya proses kedaulatan rakyat yang diawali dengan pemilihan umum akan memberikan legitimasi, legalitas dan kredibilitas pemerintahan yang didukung oleh rakyat.

Karena itu dirinya meminta seluruh peserta rakor untuk memperhatikan bersama terhadap hal apa saja yang dapat berpotensi menjadi kerawanan pilkada. Di antaranya data pemilih, konflik antar pendukung, distribusi logistik, masa pencoblosan dan penghitung suara.

Sementara, dengan telah masuknya masa kampaye sejak tanggal 29 September sampai 5 Desember 2020, Chairil Anwar juga mengingatkan aparatur untuk menjaga netralitas dalam proses pelaksanaan pilkada dengan tidak menggunakan aset pemerintah dalam pelaksanaan kampanye.

Panitia pelaksana Sutrisno mengatakan, kegiatan betujuan menyamakan persepsi antara aparatur dalam berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu. Guna memberikan dukungan kelancaran pemilihan kepala daerah Kabupaten Kukar tahun 2020, serta untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

“Kegiatan ini bertujuan guna meningkatnya partisipasi masyarakat dalam pemilihan bupati dan Wakil Bupati Kukar tahun 2020,” tutur Sutrisno. (lan)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

BERITA TERBARU

To Top