METROPOLIS

Diskominfo Kutai Kartanegara Segera Lengkapi Kehadiran Puskomkref

rapat rencana pembentukan dan pelatihan Puskomkref di Kukar beberapa waktu lalu. (Foto: Diskominfo Kukar)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kutai Kartanegara (Kukar) merencanakan pembentukan tiga Pusat Komunitas Kreatif (Puskomkref). Yang menjadi salah satu program Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Karenanya sebagai langkah pengejawantahan program pemerintah pada sektor komunikasi dan informatika, dilakukan rapat rencana pembentukan dan pelatihan Puskomkref di Kukar beberapa waktu lalu.

Kepala Diskominfo Kukar Bahteramsyah yang membuka rapat itu menjelaskan, sebelumnya di Kecamatan Sangasanga sudah dibentuk Puskomkref melalui program Kemenkominfo.

Sebagai lembaga yang berasal dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat, keberadaan Puskomkref diposisikan sebagai lembaga sekunder dari empat kelompok masyarakat yang diwadahinya. Sebagai kelompok primernya yaitu Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), Kelompok Strategis, Kelompok Media Tradisional dan Kelompok, Pembuat Konten Kreatif.

Pembentukan Puskomkref ini dibutuhkan pada tiga titik mewakili zona hilir, zona tengah dan zona hulu sebagai wadah pembinaan di masing-masing ketiga zona dimaksud. Mengingat luas wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara.

Selain Sangasanga yang sudah terbentuk Puskomkref sekaligus sebagai Puskomkref zona hilir, berikutnya diharapkan terbentuk juga di Tenggarong mewakili zona tengah, dan untuk zona hulu diharapkan Puskomkref terbentuk di Kecamatan Kota Bangun.

Puskomkref ini selanjutnya bertugas melakukan pembinaan administrasi maupun pelatihan-pelatihan guna meningkatkan kapasitas keempat kelompok masyarakat yang diwadahinya. Dalam melakukan perubahan tata cara dan perilaku yang biasanya dilakukan dalam bisnis proses kegiatannya dari cara-cara manual menjadi cara-cara digital seperti e-commerce, dan sebagainya. (lan)

Editor: Lukman M Fathony

Comments

BERITA TERBARU

To Top